Hadapi Levante, Barca Kaya Peluang tapi Miskin Gol

IN
Oleh inilahcom
Senin 14 Desember 2020
share
 

INILAHCOM, Jakarta - Mendidih. Begitulah perasaan pendukung Barcelona saat menikmati pertandingan klub kesayangan melawan Levante di Camp Nou, Senin dini hari WIB (14/12/2020).

Ya, bagaimana tidak mendidih lantaran superioritas Barca tidak sepadan dengan gol yang diciptakan. Dalam laga La Liga 2020/21 jornada ke-13, Barca hanya unggul gol sebiji alias skor 1-0.

Dan, gol semata wayang ini dicetak sang kapten, Lionel Messi di paruh babak kedua. Messi berhasil menceploskan bola sontekan dari Frenkie de Jong.

Kemenangan ini diraih Barcelona dengan tidak mudah. Pasalnya, sederet peluang yang mereka dapat sepanjang pertandingan gagal dimaksimalkan menjadi gol.

Beberapa poin penting pun bisa diambil dari kemenangan yang diraih Barcelona kala menjamu Levante ini. Barcelona harus susah payah mengingat banyaknya peluang dari mereka yang gagal berbuah menjadi gol.

Barcelona tercatat melepas 24 kali tembakan, 13 di antaranya tepat sasaran. Naun, hanya satu tembakan yang sukses menaklukkan kiper Levante, Aitor.

Statistik ini menunjukkan bahwa Barcelona kurang bisa memaksimalkan penyelesaian akhir mereka di depan gawang lawan.

Lionel Messi sekali lagi muncul menjadi pahlawan kemenangan Barcelona lewat gol tunggal yang ia ciptakan pada pertengahan babak kedua.

Di beberapa laga sebelumnya, Messi sempat mendapat kritik dari berbagai pihak karena dianggap tampil kurang maksimal di lini depan Barcelona.

Performa lawan Levante jelas menjadi bukti bahwa Messi masih sangat berpengaruh. Dan, pasukan Ronald Koeman mencatatkan penguasaan bola hingga 61 persen.

Jumlah tembakan kedua tim pun berbanding cukup jomplang. Barcelona mencatatkan 24 kali tembakan, sedangkan Levante hanya mampu enam kali melepas tembakan.

Meski peluang yang mereka dapat berkali-kali gagal berbuah gol, akan tetapi Barcelona terus mencoba bermain sabar dan tak terbawa tempo lambat yang coba diperagakan Levante.

Raihan poin penuh dari laga ini jelas menjadi pemompa mental skuad Barcelona. Kemenangan ini membawa Blaugrana naik ke peringkat delapan klasemen.

Sebelumnya, Barcelona menelan dua kekalahan beruntun yang bisa jadi meruntuhkan moral Messi cs, masing-masing atas Cadiz dan Juventus.
Kini, Koeman pantas bersyukur dengan kemenangan atas Levante yang bisa dijadikan sebagai titik balik perjalanan Barcelona di musim ini.

Dengan dua laga tunda di tangan, Barcelona masih memiliki peluang besar untuk merangsek ke papan atas klasemen terlepas dari inkonsistensi awal musim ini.

Bahkan, masih terlalu dini untuk mencoret Barcelona dari persaingan merebut gelar juara La Liga musim ini, apalagi dengan performa tim lain yang juga masih belum konsisten.

Jika tak mau buru-buru kehilangan pekerjaan di Barcelona, maka Koeman wajib mempersembahkan prestasi bagi Blaugrana musim ini. [ipe]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA