Selamat Jalan Kang Alex, Legenda Balap Indonesia

IN
Oleh inilahcom
Sabtu 02 Januari 2021
share
 

INILAHCOM, Jakarta - Bagi kalangan yang suka balap mobil, tentu tak asing dengan nama Alex Asmasoebrata. Ada kabar duka, sang legenda balap meninggal dunia pada Sabtu dini hari (2/1/2021).

Informasinya ini disampaikan putri Alex yakni Alexandra Asmasoebrata yang juga dikenal sebagai pembalap nasional. Alex wafat dalam usia 69 tahun, setelah menjalani perawatan di RSCM Kencana, Jakarta. "Telah meninggal dunia suami/ ayah/ kakek kami, H. M.A.S Alex Asmasoebrata, pada Sabtu, 2 Januari 2021 pukul 00.10 WIB di RSCM Kencana. Kami memohon maaf atas kesalahan almarhum. Semoga almarhum husnul khotimah. Amin," papar Alexandra.

Alex yang kelahiran Sumedang, Jawa Barat ini, merupakan pebalap legendaris Indonesia yang langgaran juara. Kecintaannya terhadap dunia balap mobil kemudian diturunkan Alex Asmasoebrata ke putrinya, Alexandra Asmasoebrata.

Kehilangan sosok ayah sekaligus mentor balap membuat Alexandra, tidak kuasa menutupi rasa sedih nan mendalam. "Ciao, papa," kata Alexandra melalui akun Instagram pribadinya dengan mengunggah foto masa kecilnya sedang digendong Alex Asmasoebrata.

"My bodyguard, my racing manager, my number one supporter," kata Alexandra dalam keterangan tiga foto dirinya sedang bersama Alex Asmasoebrata di lintasan balap.

Informasi saja, selain menekuni dunia balap, Alex dikenal juga berkecimpung di dunia olahraga lainnya seperti tenis dan berkuda. Pernah menjabat Ketua Harian Olahraga Berkuda Seluruh Indonesia (PP PORDASI) dan juga Ketua Umum PORDASI DKI Jakarta.

Selain dunia olahraga, Alex sempat nyemplung dunia politik. Pernah menjadi politisi PDI, PDIP, hingga ke Demokrat pada 2014. Saat Pilpres 2019, Alex tercatat sebagai salah satu anggota Badan Pemenangan Nasional (BPN) pasangan Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno. Selamat jalan Kang Alex. [ipe]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA