PSG Resmi Tunjuk Pochettino Sebagai Manajer Baru

IN
Oleh inilahcom
Minggu 03 Januari 2021
share
 

INILAHCOM, Paris - Paris Saint-Germain resmi menunjuk Mauricio Pochettino sebagai manajer baru mereka menyusul pemecatan Thomas Tuchel sehari sebelum Natal 2020.

Juru taktik asal Argentina ini diberi kontrak hingga 30 Juni 2022 dengan klausul opsi perpanjang setahun.

Bagi Pochettino, PSG bukanlah sesuatu yang asing. Dia pernah menjadi pemain andalan di klub asal ibu kota Prancis ini pada 2001-2003 bahkan pernah menyandang ban kapten.

Berposisi sebagai bek tengah, Pochettino punya catatan 70 penampilan di PSG. Dia turut membantu Le Parisien menjuarai kompetisi minor Eropa, Piala Intertoto, pada 2001 dan mengantarkan PSG ke final Piala Prancis semusim kemudian.

Adapun pengalaman pelatih, pria 48 tahun ini pernah memimpin Espanyol, Southampton, dan Tottenham Hotspur. Dia belum pernah meraih trofi, dengan hanya mampu membawa Tottenham ke final Liga Champions musim 2018/2019.

Sebagai pelatih, Pochettino sudah memimpin 514 pertandingan, dengan catatan 235 kemenangan, 118 seri, dan 161 kekalahan. Rasio kemenangannya mencapai 45,7 persen.

"Saya senang dan terhormat dipercaya menjadi pelatih baru Paris Saint-Germain. Sebagaimana Anda semua tahu klub ini punya tempat spesial di hati saya. Saya punya kenangan manis di sini, terutama atmosfer unik Parc des Princes," kata Pochettino dikutip dari laman resmi PSG.

Presiden PSG Nasser Al-Khelaifi menegaskan bahwa penunjukan Pochettino --pelatih kelima sejak kepemilikan Qatar Sports Investments-- sesuai dengan ambisi klub.

"Saya turut bangga melihat mantan kapten kembali ke PSG, memperlihatkan klub ini tetap menjadi rumahnya," kata Al-Khelaifi.

"Kembalinya Mauricio sesuai dengan ambisi kami dan ini akan menjadi bab menarik baru klub ini dan saya yakin bakal dinikmati penggemar. Dengan menunjuk Mauricio Pochettino, PSG berkomitmen untuk terus membangun dan memajukan tim ini menyongsong masa depan," pungkasnya.


# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA