Piala Liga Inggris

Singkirkan Brentford, Tottenham Melaju ke Final

IN
Oleh inilahcom
Rabu 06 Januari 2021
share
 

INILAHCOM, London - Tottenham Hotspur memastikan satu tiket final Piala Liga Inggris setelah menyudahi perlawanan klub divisi II Championship, Brentford, dengan skor 2-0 dalam partai semifinal yang digelar di Tottenham Hostpsur Stadium, London, Selasa (5/1/2021) atau Rabu (6/1/2021) WIB.

Tottenham membuka keunggulan pada menit 12 berkat sundulan Moussa Sissoko yang memanfaatkan umpan silang Sergio Reguilon.

Sissoko sendiri tidak dalam penjagaan ketat lini belakang Brentford saat menyundul bola Reguilon. Sundulannya yang mengarah ke pojok kiri atas gawang tidak bisa dijangkau kiper David Raya.

Brentford mencoba mencetak gol balasan pada menit 23. Tendangan bebas Mathias Jensen ke tiang jauh disambut Ethan Pinnock dengan sundulan, akan tetapi masih jauh dari sasaran.

Ancaman diberikan Ivan Toney di menit 35. Namun sundulan Toney yang memanfaatkan umpan Brian Mbeumo tidak cukup kuat untuk menyulitkan kiper Hugo Lloris.

Pada menit 40, Lucas Moura nyaris membawa Tottenham unggul dua gol di babak pertama jika sundulannya yang menyambut sepak pojok Son Heung Min tidak ditepis kiper David Raya. Hingga turun minum skor tidak berubah tetap 1-0 bagi tuan rumah.

Serge Aurier membuat penyelamatan penting pada menit 49 dengan mematahkan peluang gol Brentford melalui Ivan Toney yang sudah di depan gawang Hugo Lloris setelah memanfaatkan assist Brian Mbeumo.

Giliran Aurier yang membuang peluang gol The Lilywhites di menit 50. Aurier yang membantu menyerang menerima umpan pendek Lucas Moura. Tetapi tendangan saat berhadapan dengan kiper lawan masih melenceng jauh dari sasaran.

Son Heung Min memiliki peluang emas membawa Tottenham menjauh pada menit 59. Akan tetapi tendangan voli Son setelah menerima umpan Sissoko masih melenceng tipis di kiri gawang Raya.

Tim tamu sempat mengira mereka sudah menyamakan kedudukan pada menit 63 manakala Toney menanduk bola untuk masuk ke gawang Tottenham, namun gol ini kemudian dianulir karena dari analisis VAR sudah didahului offside yang tipis sekali.

Tottenham akhirnya memperbesar keunggulan menjadi 2-0 melalui gol Son Heung Min pada menit 70. Tuan rumah melakukan serangan balik cepat. Kane memberikan bola kepada Tanguy Ndombele, yang diteruskan kepada Son. Dengan cepat Son menggiring bola melewati bek terakhir sebelum menaklukkan kiper Raya.

Kiper Raya membuat penyelamatan penting di menit 74 yang menghindarkan Brentford tertinggal tiga gol setelah mementahkan peluang gol Harry Kane.

Brentford harus bermain dengan 10 orang setelah Joshua Dasilva diganjar kartu merah oleh wasit Mike Dean karena melakukan pelanggaran keras terhadap Pierre-Emile Hojbjerg di menit 84.

Meski bermain dengan 10 pemain, Brentford masih berupaya keras mencetak gol balasan. Akan tetapi, tendangan bek kiri Rico Henry dari dalam kotak penalti pada menit 90 masih melayang di atas mistar gawang Tottenham.

Tottenham sendiri tidak bisa memanfaatkan keunggulan jumlah pemain. Tim asuhan Jose Mourinho itu memilih bermain aman di sisa laga. Pertandingan berakhir dengan skor 2-0 bagi kemenangan The Lilywhites.

Pada laga final nanti, Tottenham akan menghadapi pemenang antara Manchester United vs Manchester City yang baru akan bertanding pada Kamis (7/1/2021) WIB di Stadion Old Trafford.

Partai final Piala Liga Inggris akan digelar di Stadion Wembley, pada 25 April mendatang.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA