Liga Premier Inggris

Burnley Permalukan Liverpool di Anfield

IN
Oleh inilahcom
Jumat 22 Januari 2021
share
 

INILAHCOM, Liverpool - Burnley mempermalukan Liverpool di Stadion Anfield setelah menang tipis 1-0 dalam lanjutan laga Liga Premier Inggris, Kamis (21/1/2021) atau Jumat (22/1/2021) WIB.

Satu-satunya gol dalam pertandingan tersebut dicetak oleh Ashley Barnes melalui tendangan penalti pada menit 82, sekaligus membuat The Reds harus mengalami kekalahan pertamanya di kandang pada musim ini.

Raihan tiga poin penuh mendongkrak posisi Burnley naik ke urutan 16 klasemen dengan koleksi 19 poin, semakin menjauh dari zona degradasi. Sementara Liverpool tidak beranjak dari posisi keempat dengan 34 poin, terpaut enam poin di bawah pemuncak klasemen Manchester United.

Jalannya pertandingan

Liverpool langsung mengendalikan jalannya laga sejak awal babak pertama. Bisa dibilang, mereka unggul secara statistik.

Sepanjang 45 menit, The Reds tanpa ampun menggempur pertahanan tamunya lewat persentase penguasaan bola menyentuh 67 berbanding 33 persen.

Demikian pula dengan peluang yang tercipta. Sebanyak 14 kali mereka ciptakan dengan empat on target. Tapi, tak satu gol pun yang tercipta.

Burnley memang memilih untuk bertahan, menunggu dan melancarkan serangan balik. Strategi ini terbilang jitu ditambah lagi dengan apiknya performa kiper Nick Pope di bawah mistar gawang.

Memasuki babak kedua, Juergen Klopp memasukkan Mohamed Salah dan Roberto Firmino untuk menggantikan Divock Origi dan Alex Oxlade-Chamberlain guna menambah daya gedor serangan. Tapi, rencana itu belum berjalan mulus.

Hingga menit 70, sebanyak delapan peluang Liverpool ciptakan dan dua di antaranya adalah kans dari Mo Salah dan Firmino. Tapi, Pope kembali menjadi sosok penting yang menggagalkan upaya tersebut.

Burnley merespons babak kedua dengan cukup bijak. Alih-alih bertahan, mereka tancap gas dengan mengajak barisan pemain Liverpool untuk bermain terbuka.

Upaya tim tamu itu akhirnya membuahkan hasil di menit 82. Bermula dari pelanggaran kiper Alisson terhadap Ashley Barnes, wasit langsung menunjuk titik putih. Barnes sendiri yang maju sebagai algojo dan sukses mengonversi tendangan penaltinya menjadi gol.

Di waktu tersisa, Liverpool terus berupaya untuk sekadar menyamakan kedudukan. Tapi, apa boleh buat, hingga waktu normal babak kedua usai plus injury time, tak ada gol yang tercipta.

Di pertandingan berikutnya, Liverpool akan kembali menghadapi Manchester United dalam babak keempat Piala FA di Old Trafford pada Minggu (24/1/2021), sedangkan Burnley akan melawat ke kandang Fulham juga untuk melakoni babak keempat Piala FA di hari yang sama.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA