Liga Premier Inggris

Dramatis, Everton Tahan Imbang MU 3-3

IN
Oleh inilahcom
Minggu 07 Februari 2021
share
 

INILAHCOM, Manchester - Gol Dominic Calvert-Lewin di detik-detik akhir pertandingan membatalkan kemenangan Manchester United yang sudah di depan mata. Everton pun mampu memaksa skor imbang 3-3 dalam laga lanjutan Liga Premier Inggris yang berlangsung di Stadion Old Trafford, Sabtu (6/2/2021) atau Minggu (7/2/2021) WIB.

Setan Merah tampaknya bakal menang mudah ketika sudah unggul 2-0 di babak pertama lewat Edinson Cavani dan Bruno Fernandes.

Tapi, Everton bangkit di awal babak kedua untuk menyamakan skor lewat Abdoulaye Doucoure dan James Rodriguez. MU berbalik unggul lagi lewat Scott McTominay sebelum gol Calvert-Lewin di menit 90+5 membatalkan kemenangan tuan rumah.

Hasil yang cukup mengecewakan ini membuat MU gagal menempel Manchester City di puncak klasemen. Setan Merah masih terpaku di posisi kedua dengan koleksi 45 poin. Sedangkan Everton berada di urutan keenam dengan raihan 37 poin.

Jalannya pertandingan

Bermodal kemenangan telak 9-0 atas Southampton di pertengahan pekan kemarin, MU tampil menekan sejak menit awal laga dan tidak memberikan Everton kesempatan mengembangkan permainan.

Everton yang coba menyerang lewat sisi sayap beberapa kali juga gagal membahayakan pertahanan tuan rumah. Calvert-Lewin di lini serang tak mampu berbuat banyak di babak pertama.

Setan Merah akhirnya bisa memecah kebuntuan pada menit 24. Marcus Rashford menusuk dari sisi kanan dan kemudian mengirimkan umpan silang ke tiang jauh. Cavani dengan cekatan menyambut umpan itu dengan sundulan yang menjebol gawang Everton.

MU yang coba menambah gol malah kehilangan Paul Pogba pada menit 39 karena mengalami masalah di pahanya. Fred pun dimasukkan untuk menggantikan Pogba.

Everton punya kans lewat Richarlison pada menit 41 ketika David de Gea kehilangan posisi. Bola langsung dikirimkan ke gawang, namun berkat kepiawaiannya De Gea dengan cepat menepis bola.

Di menit 45, MU justru menambah keunggulan lewat tendangan melengkung Fernandes setelah menerima umpan tarik dari Aaron Wan-Bissaka.

Everton nyaris memangkas skor beberapa saat kemudian lewat Calvert-Lewin, tapi sepakannya dalam duel satu lawan satu gagal berbuah gol. Tuan rumah pun menutup babak pertama dengan skor 2-0.

Dua menit setelah jeda, MU punya peluang untuk kembali menambah gol. Namun, tendangan Cavani di dalam kotak penalti masih bisa ditepis oleh kiper Robin Olsen.

Everton akhirnya mampu memangkas skor pada menit 49. Diawali umpan terobosan Tom Davies yang disambut sepakan Calvert-Lewin, bola dapat dibendung De Gea tapi Abdoulaye Doucoure dengan cepat mencocornya ke gawang kosong.

Tim asuhan Carlo Ancelotti ini kemudian mampu menyamakan kedudukan menjadi 2-2 di menit 52 ketika Doucoure memberikan umpan matang kepada James Rodriguez yang menuntaskan dengan sepakan kaki kiri ke pojok kanan gawang Dea Gea.

Laga menjadi lebih seru setelah skor imbang dengan kedua tim saling bertukar serangan. Di menit 63, Rashford menerima bola matang dari Cavani dan coba mencungkil bola melewati Olsen, namun kiper asal Swedia itu masih bisa membendungnya.

Setan Merah kembali unggul pada menit 70. Berawal dari tendangan bebas Luke Shaw dari sisi kiri yang mengarah ke kotak penalti dan mampu dimanfaatkan McTominay dengan sundulan tanpa bisa dihalau Olsen yang mati langkah.

Everton menaikkan tempo serangan di 10 menit akhir pertandingan untuk mencari gol penyama kedudukan. Di menit 86, Andre Gomes menggiring bola ke kotak penalti MU dan diberikan kepada Digne yang naik di sisi kiri. Sayangnya, dia memilih menembak langsung dan cuma menyasar sisi gawang.

Dua menit berselang Harry Maguire membuat blunder ketika bola direbut Calvert-Lewin dan diberikan kepada Richarlison yang sudah dekat kotak penalti. Beruntung tembakan Richarlison masih melebar.

Laga tampaknya akan dimenangi MU hingga Everton mendapat tendangan bebas di detik akhir pertandingan. Lucas Digne mengirim bola ke kotak penalti dan disundul Michael Keane. Calvert-Lewin yang lolos dari penjagaan lawan langsung menyonteknya ke gawang De Gea dan mengubah skor menjadi 3-3 sekaligus membatalkan kemenangan tim asuhan Ole Gunnar Solskjaer.

Di laga selanjutnya, kedua tim akan melakoni babak kelima Piala FA dengan MU menjamu West Ham United pada Selasa (9/2/2021) dan Everton berhadapan dengan Tottenham Hotspur pada Rabu (10/2/2021).

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA