Liga Premier Inggris

Manchester City Hajar Liverpool 4-1 di Anfield

IN
Oleh inilahcom
Senin 08 Februari 2021
share
 

INILAHCOM, Liverpool - Manchester City benar-benar menujukkan diri sebagai kandidat kuat juara Liga Premier Inggris musim ini usai menghajar sang juara bertahan Liverpool dengan skor 4-1 dalam laga yang berlangsung di Stadion Anfield, Liverpool, Minggu (7/2/2021) atau Senin (8/2/2021) WIB.

Dua blunder yang dilakukan Alisson Becker memuluskan City meraih kemenangan telak. Kedua blunder sang kiper asal Brasil itu berujung gol Ilkay Guendogan serta gol Raheem Sterling, disusul gol penutup gemilang Phil Foden, membuat gol tendangan penalti Mohamed Salah tak ada artinya.

The Citizen, yang melanjutkan tren positif mereka meraih 10 kemenangan beruntun, semakin memantapkan posisi di puncak klasemen sementara Liga Premier Inggris dengan raihan 50 poin dari 22 laga atau unggul lima poin atas pesaing terdekat Manchester United yang sudah memainkan 23 laga.

Bagi Liverpool, kekalahan kelima di musim ini tersebut membuat mereka terpaku di posisi keempat klasemen dengan koleksi 40 poin dari 23 pertandingan. Semakin berat bagi mereka untuk mempertahan gelar.

Jalannya pertandingan

Babak pertama City berusaha untuk mendominasi pertandingan, tetapi tak banyak menciptakan peluang berarti, malah gawang mereka sempat terancam oleh sundulan melambung Sadio Mane dan tembakan voli Roberto Firmino yang masih mampu dimentahkan kiper Ederson Moraes.

Pada menit 36, City mendapat peluang emas untuk membuka keunggulan setelah Fabinho secara teledor melanggar Raheem Sterling di dalam area terlarang. Tak ayal, wasit Michael Oliver langsung menunjuk titik putih. Guendogan maju sebagai algoko, tapi eksekusi tendangan penaltinya malah melambung di atas mistar gawang Alisson.

Liverpool mendapatkan kesempatan dari bola mati di depan kotak penalti City pada menit 43. Thiago Alcantara mencoba melepaskan tembakan langsung, tapi membentur pagar betis.

Dari sepak pojok yang dihasilkan, peluang kembali diciptakan Si Merah. Umpan lambung Trent Alexander-Arnold ditanduk Mane di depan gawang, namun masih tepat ke pelukan Ederson. Babak pertama tuntas dengan skor kacamata.

Guendogan membayar lunas kegagalan penaltinya dengan membuka keunggulan City empat menit memasuki babak kedua, ketika ia menyambar bola muntah hasil tembakan Foden yang tak dapat dihentikan sempurna oleh Alisson sebelumnya.

Liverpool berusaha bangkit dan sebuah serangan balik berbuah tendangan penalti ketika Mo Salah yang berusaha mengendalikan bola umpan jauh kiriman Alexander-Arnold dilanggar oleh Ruben Dias. Maju sebagai eksekutor, Mo Salah dengan dingin mampu memperdaya Ederson untuk menyamakan kedudukan 1-1 pada menit 63.

Alih-alih menjadikan gol itu sebagai momentum kebangkitan, Liverpool justru terus digempur oleh tamunya. City sempat mencetak gol di menit 71 dari tendangan bebas. Umpan lambung dari Foden disambar John Stones, tapi wasit menganulir gol ini karena offside.

City akhirnya mampu unggul dua menit kemudian. Berawal dari blunder Alisson saat menyapu bola yang malah jatuh ke hadapan Foden. Talenta muda Chelsea itu dengan tenang menggocek Andy Robertson serta Jordan Henderson untuk mengirim umpan tarik matang yang disontek Guendogan di muka gawang demi merestorasi keunggulan City 2-1.

Tiga menit kemudian, Alisson kembali melakukan blunder saat sekali lagi bola sapuannya malah jatuh ke kaki Bernardo Silva. Ia menggiring bola mendekati gawang lalu mengirim umpan cungkil melewati atas Alisson yang disambut oleh sundulan Sterling di area tiang jauh untuk membuat kedudukan jadi 3-1.

Liverpool semakin terpuruk setelah aksi individual menawan dari Foden, yang melakukan tusukan dari sisi kanan sebelum melepaskan tembakan keras dengan kaki kirinya untuk memperdaya Alisson dan mengunci kemenangan 4-1 pada menit 83. Tak ada gol lagi tercipta hingga laga tuntas.

Hasil itu sekaligus membuat Liverpool untuk pertama kalinya menelan tiga kekalahan laga kandang beruntun di liga domestik sejak September 1963.

Kedua tim akan kembali merumput di laga lanjutan Liga Premier Inggris pada Sabtu (13/2/2021) saat Liverpool bertandang ke markas Leicester City dan di laga lain City menjamu Tottenham Hotspur di Etihad.

Namun, sebelum itu pada Rabu (10/2/2021), City akan terlebih dulu menyambangi kandang tim strata kedua Swansea City dalam laga babak kelima Piala FA.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA