Liga Champions

Borussia Dortmund Pecundangi Sevilla 3-2

IN
Oleh inilahcom
Kamis 18 Februari 2021
share
 

INILAHCOM, Sevilla - Borussia Dortmund meraih hasil positif dari lawatannya ke markas Sevilla dalam pertandingan leg pertama babak 16 besar Liga Champions, Rabu (17/2/2021) atau Kamis (18/2/2021) WIB. Bermain di Stadion Ramon Sanchez-Pizjuan, Sevilla, Spanyol, wakil Jerman ini mampu mempecundangi tuan rumah dengan skor 3-2.

Erling Haaland mencetak dua gol untuk Dortmund di laga ini, melengkapi torehan gol Mahmoud Dahoud. Sementara gol balasan tuan rumah dicetak Suso dan Luuk de Jong.

Selain mengantar timnya menginjakkan satu kaki di perempat final, Haaland juga kini menjadi pencetak gol terbanyak di Liga Champions musim 2020/2021 dengan torehan delapan gol, sekaligus mengakhiri catatan nirbobol Sevilla di tujuh laga beruntun di semua ajang.

Jalannya pertandingan

Duel antara kedua tim menyajikan permainan terbuka sejak awal laga. Sevilla yang tengah dalam tren positif mampu mengendalikan penguasaan bola, sebaliknya Dortmund menerapkan pressing tinggi dan banyak mengandalkan serangan balik cepat.

Tuan rumah bisa mencuri gol cepat saat laga baru berjalan tujuh menit. Sepakan Suso dari luar kotak penalti membentur kaki Mats Hummels dan bola berubah arah sehingga masuk ke gawang Marwin Hitz.

Dortmund yang banyak tertekan, hanya menunggu hingga ada kesempatan untuk melakukan serangan balik cepat. Strategi itu terbukti jitu saat Mahmoud Dahoud membuat gol penyimbang pada menit 19. Sepakan kerasnya dari luar kotak penalti tak mampu dijangkau kiper Sevilla, Yassine Bono.

Hanya berselang delapan menit, The Borrusian berbalik unggul 2-1 melalui aksi Haaland yang lagi-lagi lewat skema serangan balik cepat. Kerja sama satu-duanya dengan Jadon Sancho, mampu diselesaikan dengan sontekan sempurna oleh pemain asal Norwegia tersebut.

Dua menit jelang paruh pertama berakhir, Haaland kembali mencetak gol keduanya setelah menyelesaikan umpan sodoran Marco Reus. Skor 3-1 untuk tim tamu.

Sebaliknya, meski Sevilla banyak menguasai bola, tetapi mereka sulit untuk menciptakan peluang terbuka. Setiap serangan yang dilancarkan kerap terblok lini pertahanan Dortmund.

Merasa lini depannya buntu, pelatih Sevilla Julen Lopetegui berupaya meresponnya dengan mengganti tiga pemain sekaligus, Munir El Hadadi, Luuk de Jong, dan Oliver Torres dimasukan untuk menambah daya dobrak.

Selepas pergantian itu, Sevilla hampir saja memperkecil kedudukan jika sontekan Sergio Escurdero tak membentur kaki Hummels, bola hanya berakhir sebagai tendangan sudut. Begitu pula dengan tendangan bebas Oscar Rodriguez yang hanya membentur mistar gawang.

Kerja keras tuan rumah baru berbuah hasil pada menit 84. Berawal dari situasi tendangan bebas, Rodriguez mengirimkan umpan ke tiang jauh yang kemudian disontek Luuk de Jong untuk mengubah kedudukan menjadi 2-3.

Di waktu tersisa, Sevilla terus mengurung pertahanan Dortmund dan memaksa lawan bertahan total. Namun, hingga peluit panjang tanda pertandingan usai skor 3-2 untuk kemenangan Dortmund tetap bertahan.

Bagi Sevilla, kekalahan ini membuat langkah mereka untuk melaju ke babak perempat final tergolong sulit, apalagi wakil Spanyol ini akan memainkan laga leg kedua di kandang Dortmund. Setidaknya membutuhkan minimal dua gol tanpa kebobolan agar bisa meneruskan petualangan di Liga Champions.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA