Liga Premier Inggris

West Ham United Pecundangi Tottenham Hotspur

IN
Oleh inilahcom
Minggu 21 Februari 2021
share
 

INILAHCOM, London - West Ham United sukses pecundangi Tottenham Hotspur dengan skor 2-1 dalam laga lanjutan Liga Premier Inggris yang berlangsung di London Stadium, Minggu (21/2/2021).

Dua gol The Hammers dicetak oleh Michail Antonio di menit 5 dan pemain pinjaman dari Manchester United, Jesse Lingard, di menit 47. Sementara satu-satunya gol The Lilywhites diciptakan oleh Lucas Moura pada menit 64.

Hasil tersebut membuat West Ham memperpanjang laju tidak terkalahkan menjadi empat pertandingan. Tim asuhan David Moyes ini menggusur Chelsea untuk naik ke peringkat empat dengan perolehan 45 poin dari 25 laga.

Sedangkan bagi Tottenham, ini adalah kekalahan kedua beruntun mereka usai sebelumnya dibekap Manchester City 0-3. Anak-anak asuhan Jose Mourinho ini masih terpaku di peringkat kesembilan klasemen usai mengumpulkan 36 poin hasil dari 24 pertandingan.

Jalannya pertandingan

West Ham mampu mengejutkan Tottenham dengan gol cepatnya saat laga baru berjalan lima menit. Diawali dari tendangan bebas yang membentur pagar hidup Tottenham, bola dikuasai Jarron Bowen untuk diteruskan dengan crossing ke tengah kotak penalti.

Sambutan Michail Antonio sempat ditepis kiper Hugo Lloris, tapi bola muntah tidak disia-siakannya untuk diselesaikan dengan sontekan dari jarak dekat. Skor 1-0 untuk tuan rumah.

Serangan berbahaya lainnya dari West Ham datang lima menit kemudian. Antonio melewati kawalan Harry Winks sebelum mengirim operan kepada Jesse Lingard. Dia sebenarnya memiliki kesempatan untuk menembak, tapi memilih mengumpan lagi kepada Antonio di tiang jauh yang dituntaskan melebar.

Tottenham akhirnya menciptakan peluang berarti pertamanya di menit 13. Sebuah skema serangan Tottenham diakhiri dengan bola jatuh di kaki Harry Kane. Akan tetapi, penyelesaian Kane masih melenceng dari gawang West Ham.

Tuan rumah nyaris memperbesar keungulan di menit 38. Namun, sundulan terarah dari Craig Dawson masih bisa ditepis oleh Lloris.

Jelang turun minum, Lamela mencoba peruntungannya dengan melepaskan tembakan keras ke arah gawang West Ham. Kiper Lukasz Fabianski gagal melakukan tangkapan pertama dengan sempurna, tapi bola muntah segera didekapnya kuat-kuat.

Di penghujung babak pertama, Tottenham kembali mengancam gawang West Ham saat Kane melepaskan sepakan keras kaki kanan. Bola ditepis Fabianski, kemudian disapu Issa Diop sebelum pemain Tottenham lainnya bisa bereaksi.

Skor 1-0 untuk keunggulan West Ham tidak berubah hingga turun minum.

Babak kedua baru berjalan dua menit, West Ham mampu menambah keunggulan. Lingard mengukir namanya di papan skor untuk menjadikan kedudukan 2-0.

Berawal dari perebutan bola di tengah lapangan yang akhirnya dimenangkan oleh West Ham. Dimotori oleh Lingard dan Pablo Fornals, The Hammers melakukan penetrasi ke jantung pertahanan tamunya. Dari tengah kotak penalti, Lingard menuntaskan operan Fornals dengan sepakan ke sudut bawah jauh.

Gol itu sempat dianulir karena Fornals dianggap offside. Namun, setelah berkonsultasi dengan VAR, wasit akhirnya mengesahkan gol kedua West Ham.

Tertinggal dua gol, The Liliwhites terus menggempur pertahanan tuan rumah. Tendangan bebas Kane melenceng tipis, lalu tembakan Gareth Bale masih bisa ditahan Fabianski.

Gol yang ditunggu-tunggu Tottenham akhirnya tercipta di menit 64. Bale mengirim sepak pojok yang diselesaikan Lucas Moura dengan sundulan tanpa bisa dihentikan Fabianski.

Gol tersebut memacu kebangkitan Tottenham yang terus meningkatkan intensitas serangannya. Menerima sodoran di pinggir kotak penalti, Kane melepaskan tembakan keras, namun masih melenceng tipis dari gawang West Ham.

Tidak lama kemudian, umpan tarik Kane kepada Dele Alli mampu diblok. Bola rebound disambut Bale dengan tembakan dari tengah kotak penalti yang menghantam mistar gawang.

West Ham bertahan total menghadapi serangan bertubi-tubi Tottenham. Di masa injury time bola sapuan bek West Ham mengenai Son Heung-min kemudian meluncur melewati atas kepala Fabianski sebelum membentur tiang gawang West Ham.

Hingga peluit panjang tanda pertandingan usai, skor tidak berubah tetap 2-1 untuk kemenangan West Ham United.

Di pertandingan Liga Premier Inggris selanjutnya, West Ham akan bertandang ke markas tim pemuncak klasemen Manchester City yang dimainkan pada Sabtu (27/2/2021). Sedangkan Tottenham akan berusaha mengakhiri rentetan dua kekalahan beruntunnya saat menjamu Burnley sehari kemudian.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA