Liga Premier Inggris

Derby Manchester: MU Pecundangi City 2-0 di Etihad

IN
Oleh inilahcom
Senin 08 Maret 2021
share
 

INILAHCOM, Manchester - Manchester United sukses mempecundangi Manchester City dengan skor 2-0 dalam laga lanjutan Liga Premier Inggris yang berlangsung di Etihad Stadium, Minggu (7/3/2021) atau Senin (8/3/2021) WIB.

Dua gol kemenangan Setan Merah dalam Derby Manchester ini masing-masing diciptakan oleh Bruno Fernandes di babak pertama dan Luke Shaw di babak kedua.

Hasil ini membawa MU kembali merebut posisi kedua klasemen dengan raihan 53 poin. Sementara bagi City, kekalahan ini membuat rentetan kemenangan beruntun mereka terhenti di angka 21 laga. Meski demikian, mereka tetap bertengger di puncak klasemen dengan koleksi 65 poin, masih unggul 11 angka dari MU.

Jalannya pertandingan

MU memulai laga dengan sangat baik. Belum satu menit babak pertama dimulai Setan Merah mendapatkan hadiah tendangan penalti setelah Anthony Martial dilanggar oleh Gabriel Jesus di area kotak terlarang.

Fernandes pun maju sebagai aljogo dan sukses menceploskan gol yang membawa MU memimpin 1-0.

Dua menit berselang, MU hampir saja mengandakan kedudukan. Kesalahan Joao Cancelo yang terlalu lama menguasai bola bisa dimanfaatkan Luke Shaw. Namun, tembakan Shaw masih dapat diredam oleh kiper Ederson.

The Citizen berusaha merespon untuk menyamakan kedudukan di menit 9. Ilkay Guendogan melepas tembakan dari depan kotak penalti, tapi usahanya ini masih terlalu lemah hingga mudah ditangkap kiper Dean Henderson.

Tuan rumah mulai dominan setelah laga berjalan 15 menit. MU memilih menunggu untuk meredam pasukan Pep Guardiola.

Meski demikian, tim besutan Ole Gunnar Solskjaer sempat mencuri peluang di menit 17. Marcus Rashford melakukan tembakan jarak jauh, tapi bola bisa diamankan Ederson.

Pada menit 24, giliran City yang mengancam dari sepakan dari luar kotak penalti. Oleksandr Zinchenko yang melepas sepakan keras. Henderson mampu menjadi penyelamat MU dengan bisa menepis bola.

Gelombang serangan City belum berhenti. Henderson kembali sibuk mengamankan gawang MU pada menit 38. Kali ini, penjaga gawang timnas Inggris itu dapat menangkap sepakan mendatar Guendogan.

MU mampu membendung serangan demi serangan City hingga babak pertama berakhir. Skor 1-0 untuk keunggulan Manchester Merah bertahan hingga turun minum.

Memasuki babak kedua, City langsung menyerang. Di menit 48 mereka mendapatkan peluang cantik untuk menyamakan kedudukan. Mendapat bola pantul dari Jesus, Rodri melepas sepakan keras. Henderson tak bereaksi tapi bola masih membentur mistar.

Pada menit 50, justru MU yang mampu menggandakan skor lewat skema serangan cepat nan apik.

Berawal dari lemparan panjang Henderson, Shaw membawa bola dengan cepat mendekati kotak penalti lawan yang kemudian mengirimkannya ke Rashford. Hanya sebentar menguasai bola, Rashford pun memberikan umpan pendek kembali kepada Shaw yang kemudian ia tuntaskan lewat sepakan mendatar. Bola meluncur ke pojok kiri gawang City dengan Ederson terpaku tak berkutik.

Setan Merah mendapat peluang menambah gol di menit 69, namun tendangan Martial tepat di depan gawang masih bisa ditepis oleh Ederson.

City tak punya pilihan lain kecuali terus menyerang demi mengejar ketertinggalan dua gol. Pada menit 79, Raheem Sterling gagal mencetak gol meski sudah tak terkawal di depan gawang. Ia tak bisa mengoptimalkan umpan Kevin De Bruyne.

Upaya The Citizen mencetak gol tak membuahkan hasil hingga pertandingan usai. Setan Merah menutup laga Derby Manchester kali ini dengan kemenangan 2-0.

Di pertandingan Liga Premier selanjutnya, City akan berusaha kembali ke jalur kemenangan saat menjamu Southampton pada Rabu (10/3/2021), sementara MU akan kedatangan West Ham United pada Minggu (14/3/2021).

Tapi sebelumnya, Setan Merah harus menghadapi AC Milan di Old Trafford dalam laga leg pertama babak 16 besar Liga Europa, Kamis (11/3/2021).

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA