Liga Champions

Haaland Bawa Dortmund Lolos ke Perempat Final

IN
Oleh inilahcom
Rabu 10 Maret 2021
share
 

INILAHCOM, Dortmund - Borussia Dortmund berhasil lolos ke perempat final Liga Champions kendati harus bermain imbang 2-2 melawan Sevilla dalam laga leg kedua babak 16 besar yang berlangsung di Stadion Signal Iduna Park, Dortmund, Jerman, Selasa (9/2/2021) atau Rabu (10/3/2021) WIB.

Erling Haaland menjadi pahlawan bagi Dortmund berkat dua gol yang ia ciptakan di laga ini.

Hasil tersebut sudah cukup bagi Die Borussen untuk menegaskan keunggulan mereka dalam dua leg 16 besar yang berakhir dengan skor agregat 5-4.

Jalannya pertandingan

Sevilla, yang dibebani tugas membalikkan kekalahan 2-3 di leg pertama, mengawali pertandingan dengan agresif, tetapi tembakan jarak jauh Lucas Ocampos masih mampu dimentahkan oleh kiper Marwin Hitz.

Wakil Spanyol itu kembali menciptakan peluang pada menit 20, sayang tembakan Suso menyambut umpan kiriman Ocampos masih melenceng tipis di sisi luar tiang gawang.

Meski lebih banyak berada di bawah tekanan, Dortmund justru memecahkan kebuntuan dan membuka keunggulan pada menit 35 saat umpan tarik Marco Reus diselesaikan dengan sempurna oleh Haaland di depan gawang lawan. Keunggulan 1-0 ini bertahan hingga turun minum.

Empat menit memasuki babak kedua, Haaland kembali menyarangkan bola ke gawang Sevilla. Akan tetapi, gol itu dianulir oleh wasit Cuneyt Cakir setelah berkonsultasi dengan VAR dan Dortmund malah menerima hadiah tendangan penalti setelah menilai Haaland terlebih dulu dilanggar oleh Jules Kounde.

Eksekusi penalti ini harus dilakukan sebanyak dua kali. Tendangan pertama Haaland mampu dihentikan oleh Bono, tetapi wasit menilai sang kiper terlalu cepat meninggalkan garisnya sehingga eksekusi harus diulang. Dalam kesempatan kedua Haaland mengarahkan tendangannya ke pojok kanan bawah gawang demi menggandakan keunggulan Dortmund pada menit 54.

Pada menit 68, giliran Sevilla yang memperoleh hadiah tendangan penalti setelah Emre Can divonis mendorong Luuk de Jong di dalam kotak terlarang. Kesempatan itu dimanfaatkan dengan sempurna oleh Youssef En-Nesyri yang dengan dingin mengarahkan eksekusi penaltinya ke tengah, menghantam mistar gawang sebelum melesak ke dalam gawang untuk menjadi gol.

Lima menit jelang bubaran waktu normal, Dortmund hampir mengunci kemenangan mereka lebih awal ketika Mahoud Dahoud menyelesaikan kerja sama umpan satu dua bersama Haaland dengan sepakan jarak dekat, namun Bono masih mampu menghalau peluang tersebut.

Kendati waktu kian menipis para pemain Sevilla terus berjuang dan pada menit keenam injury time En-Nesyri mencetak gol keduanya dengan tandukan jarak dekat menyambut umpan silang terukur kiriman Ivan Rakitic demi menyamakan kedudukan 2-2.

Sayangnya, skor 2-2 tak cukup bagi Sevilla untuk menghindarkan mereka tersingkir dari Liga Champions, di mana Dortmund melaju ke perempat final lewat kemenangan agregat 5-4.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA