Liga Europa

Kalah 0-3, Tottenham Disingkirkan Dinamo Zagreb

IN
Oleh inilahcom
Jumat 19 Maret 2021
share
 

INILAHCOM, Zagreb - Tottenham Hotspur harus tersingkir dari Liga Europa setelah menelan kekalahan telak 0-3 di markas Dinamo Zagreb dalam pertandingan leg kedua babak 16 besar di Stadion Maksimir, Zagreb, Kroasia, Kamis (18/3/2021) atau Jumat (19/3/2021) dini hari WIB.

Dengan kekalahan itu, Tottenham membuang cuma-cuma keunggulan dua gol yang mereka miliki lewat kemenangan 2-0 yang dibukukan dalam leg pertama di kandang sepekan lalu. Zagreb pun melaju ke perempat final dengan keunggulan agregat 3-2.

Penyerang sayap Mislav Orsic jadi pahlawan Zagreb di laga leg kedua ini dengan catatan hattrick-nya. Dua gol yang ia cetak di waktu normal memaksakan pertandingan dilanjutkan ke babak tambahan waktu 2x15 menit.

Di babak kedua tambahan waktu, Orsic melengkapi raihannya menjadi trigol demi menuntaskan kebangkitan Zagreb untuk lolos ke fase selanjutnya.

Jalannya pertandingan

Tertinggal 0-2 di leg pertama, Zagreb bermain menekan sejak awal laga. Ancaman demi ancaman ditebar ke gawang Tottenham.

Laga baru berjalan dua menit, peluang didapat Zagreb lewat tendangan jarak jauh Orsic yang masih bisa diredam oleh kiper Hugo Lloris.

Tottenham sendiri cukup kesulitan berkembang. Beberapa kali upaya tim besutan Jose Mourinho itu bisa dipatahkan barisan belakang tuan rumah.

Sementara gempuran Zagreb belum berhenti. Namun, upaya anak asuh Damir Krznar juga banyak diblok Tottenham.

Peluang terbaik The Lilywhites di babak pertama baru datang pada menit 43. Serge Aurier bisa menanduk bola kiriman Erik Lamela, namun arahnya masih melenceng ke sisi kanan gawang Zagreb. Hingga jeda, skor 0-0 tetap bertahan.

Di babak kedua, tekanan Zagreb belum surut. Peluang sempat didapat oleh tim asal Kroasia itu pada menit 53, lewat aksi Arijan Ademi, namun upayanya bisa diredam Lloris.

Tekanan Zagreb akhirnya berbuah keunggulan 1-0 pada menit 62. Mendapat sodoran Lovro Majer, Orsic langsung melepaskan tendangan kaki kiri dari luar kotak, yang mengirim bola bersarang ke gawang Tottenham.

Unggul satu gol membuat Zagreb makin bersemangat. Beberapa peluang didapat lagi lewa Rasmus Lauritsen dan Kristijan Jakic, namun belum berbuah gol kedua.

Tottenham sesekali membalas. Di menit 71, Giovani Lo Celso melepaskan tendangan ke gawang Zagreb, namun masih bisa diatasi kiper Dominik Livakovic. Sementara peluang Lucas Moura dua menit berselang, masih melenceng.

Zagreb, yang terus menekan, akhirnya bisa membuat kedudukan menjadi 2-0 pada menit 83. Orsic kembali menjebol gawang Tottenham, lewat tendangan dari dalam kotak penalti.

Gol tersebut membuat agregat kedua tim menjadi sama kuat 2-2 hingga waktu normal habis. Alhasil, pertandingan harus dilanjutkan ke babak tambahan.

Di masa extra time itu, Zagreb bisa menambah keunggulan lagi. Setelah babak pertama extra time skor belum berubah, Zagreb menambah gol lagi di babak kedua.

Di menit 106, Orsic kembali menjebol gawang Tottenham, untuk melengkapi hattrick-nya. Sepakannya dari luar kotak penalti lagi-lagi merobek gawang Lloris. Skor 3-0 dan Zagreb berbalik unggul agregat menjadi 3-2.

Di sisa waktu babak kedua extra time, Tottenham mau tak mau keluar menekan guna mencari gol, namun upaya Harry Kane, Gareth Bale, hingga Carlos Vinicius tak ada yang mampu merobek gawang Zagreb.

Kekalahan tersebut membuat The Lilywhites harus mengubur impiannya menjuarai Liga Europa musim ini.

Undian babak perempat final Liga Europa dijadwalkan bakal dilakukan UEFA pada Jumat sore nanti.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA