Kualifikasi Piala Dunia 2022

Belgia Pesta 8 Gol, Wales Petik Kemenangan Perdana

IN
Oleh inilahcom
Rabu 31 Maret 2021
share
 

INILAHCOM, Leuven - Belgia berpesta delapan gol tanpa balas saat menjamu Belarusia dalam laga lanjutan kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Eropa Grup E di Stadion Den Dreef, Leuven, Belgia, Selasa (30/3/2021) atau Rabu (31/3/2021) dini hari WIB.

Hans Vanaken dan Leandro Trossard masing-masing mencetak dua gol untuk menyokong kemenangan telak Belgia tersebut. Adapun empat gol tuan rumah lainnya diciptakan oleh Michy Batshuayi, Jeremy Doku, Dennis Praet, dan Christian Benteke.

Batshuayi membawa Belgia memimpin pada menit 14 dengan menyelesaikan umpan Doku, sebelum Vanaken menggandakan keunggulan tersebut tiga menit kemudian.

Keunggulan itu bertambah pada menit 38 kala Trossard mencetak gol pertamanya ke gawang Belarusia dengan tembakan jarak jauh, lantas empat menit kemudian Doku menyelesaikan situasi serangan balik yang diakhiri umpan terobosan Praet.

Empat menit memasuki babak kedua Praet memperlebar keunggulan Belgia menjadi 5-0 saat ia melesakkan umpan sodoran Batshuayi ke pojok kiri bawah gawang.

Pada menit 70, Benteke yang baru saja masuk menggantikan Batshuayi mencetak gol keenam Belgia meneruskan umpan silang Toby Alderweireld.

Lima menit berselang Trossard memanfaatkan umpan terobosan Doku untuk mencetak gol keduanya ke gawang Belarusia sekaligus menambah keunggulan Belgia jadi 7-0.

Semenit sebelum bubaran waktu normal, Vanaken turut melengkapi raihan dwigolnya sekaligus memastikan Belgia memenangi laga dengan skor telak 8-0.

Dalam pertandingan Zona Eropa Grup E lain yang berlangsung bersamaan di Stadion Cardiff City, Wales meraih kemenangan pertama mereka di kualifikasi Piala Dunia dengan skor 1-0 atas Republik Ceko.

Kedua tim sama-sama harus menuntaskan pertandingan dengan 10 pemain, setelah penyerang Ceko Patrik Schick diganjar kartu merah pada menit 48 dan gelandang Wales Connor Roberts menerima kartu kuning kedua pada menit ke-77.

Empat menit selepas situasi 10 lawan 10, Daniel James memecahkan kebuntuan untuk membawa Wales memimpin 1-0 atas Ceko dan skor itu bertahan hingga bubaran.

Hasil-hasil tersebut, membuat Belgia naik ke puncak klasemen dengan raihan tujuh poin, menggusur Ceko (4 poin) ke posisi kedua, sedangkan Wales naik ke peringkat ketiga (3 poin), menyalip Belarusia (3 poin).

Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Eropa Grup E baru akan kembali melangsungkan pertandingan pada 2 September mendatang, ketika Ceko menjamu Belarusia dan Belgia bertandang ke Estonia.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA