FIBA Asia Cup 2021 Siap Digelar di Jakarta

IN
Oleh inilahcom
Selasa 13 April 2021
share
 

INILAHCOM, Jakarta - Kejuaraan bola basket FIBA Asia Cup 2021 siap digelar di Istora Senayan, Jakarta, pada 17-29 Agustus mendatang, menjadi ajang olahraga internasional pertama bagi Indonesia pada masa pandemi COVID-19.

Dalam hitung mundur pelaksanaannya, logo resmi FIBA Asia Cup 2021 pun resmi diluncurkan di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa (13/4/2021). Logo FIBA Asia Cup 2021 menampilkan piala yang dikelilingi desain yang memadukan corak batik dan referensi Elang Jawa.

Direktur Eksekutif FIBA Asia Hagop Kharijian antusiastis menyambut kejuaraan bola basket level Asia yang akan kembali digelar di Indonesia setelah 28 tahun.

"Peluncuran logo ini merupakan tonggak penting dalam perjalanan menuju Piala Asia FIBA 2021. Ikon visual ini memadukan atribut unik Piala Asia FIBA dan Indonesia sebagai negara tuan rumah," kata Kharijian dalam konferensi pers daring di Jakarta, Selasa.

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana FIBA Asia Cup 2021 Junas Miradiarsyah berharap Jakarta sukses memenuhi harapan negara-negara anggota FIBA Asia.

"Ini kejuaraan internasional bagi Indonesia pertama pada tahun ini di tengah pandemi. Ini sebuah tantangan, sekaligus peluang bagi kami sebagai pihak penyelenggara untuk menggelar FIBA Asia Cup 2021 dengan sukses dan memenuhi harapan dari negara-negara anggota FIBA Asia," ujar Junas.

Kualifikasi FIBA Asia Cup 2021 masih menyisakan satu jendela pertandingan. Windows ketiga yang seharusnya dilaksanakan Februari harus diundur sehubungan dengan kebijakan pembatasan perjalanan dari negara tuan rumah akibat situasi pandemi COVID-19.

Kualifikasi FIBA Asia Cup 2021 diikuti 24 tim yang terbagi ke dalam enam grup. Dua urutan teratas dari masing-masing grup akan otomatis tampil dalam Piala Asia 2021. Sedangkan peringkat ketiga akan bertanding lagi untuk memperebutkan empat slot menuju babak utama.

Indonesia saat ini berada pada peringkat ketiga klasemen sementara Grup A dengan koleksi empat poin di bawah Filipina (4) dan Korea Selatan (4).

Indonesia masih mempunyai tiga laga tersisa menghadapi seluruh tim yang tergabung dalam Grup A, dimulai dengan melawan Korea Selatan, Filipina, dan Thailand.

Namun tim basket Merah Putih sudah dipastikan lolos ke Piala Asia 2021 dengan status tuan rumah.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA