Euro 2020

Immobile Buktikan Dia Striker Terbaik Italia

IN
Oleh inilahcom
Sabtu 12 Juni 2021
share
 

INILAHCOM, Roma - Berkat Ciro Immobile di Stadion Olimpico, Roma, terbukti manjur pula untuk tim nasional Italia. Dalam laga pembuka Grup A Piala Eropa kontra Turki, Sabtu (12/6/2021) dini hari WIB, Immobile menegaskan kepada dunia bahwa dirinya adalah striker terbaik Italia dengan sumbangan sebuah gol dan asis yang membantu "Gli Azzurri" unggul telak 3-0.

"Mencetak gol (perdana) di Piala Eropa di stadion rumah sendiri adalah pengalaman yang tidak akan terlupakan. Saya tidak bisa membayangkan ada hal lebih baik dari itu," ujar Immobile, yang telah menyumbangkan 14 gol dari 47 penampilan bersama Italia, dilansir laman UEFA.

Sejak bergabung dengan Lazio pada musim 2016-2017, Immobile seakan terlahir kembali sebagai predator di kotak penalti setelah mengalami masa kelam bersama Borussia Dortmund dan Sevilla. Penyerang lulusan Juventus Primavera itu menemukan rumah terbaik bagi gol-golnya ketika bermarkas di Stadion Olimpico.

Di stadion utama Italia itu, Immobile mencatatkan jumlah gol terbanyak dalam kariernya. Ia mencetak 50 persen gol dari total 150 gol, yang telah disumbangkan untuk Lazio, ketika menjalani laga kandang. Alhasil, 75 gol Immobile untuk "Si Elang" tercipta di Olimpico. Secara total, Immobile telah mencetak 76 gol di stadion itu karena ia mencetak satu gol di Olimpico saat masih berseragam Torino. Apabila dihitung dari 225 gol yang dihasilkan Immobile di level senior klub, maka 33,8 persen golnya itu disarangkan ke gawang di Stadion Olimpico, yang pertama kali dibuka pada tahun 1937.

Pemain Italia, Ciro Immobile (kiri), menendang bola di bawah kawalan pemain Turki, Okay Yokuslu, pada laga pembukaan Piala Eropa 2020 di Stadion Olimpico, Roma, Sabtu (12/6/2021) dini hari WIB. Italia menang 3-0 pada laga itu.

Catatan statistik gemilang itu mampu ditunjukkan pula oleh Immobile ketika menghadapi Turki. Immobile membuktikan insting membunuhnya bersama Lazio tidaklah memudar ketika berseragam biru khas Gli Azzurri.

Immobile menjadi pemain yang paling banyak melakukan tembakan ke arah gawang Turki. Selama 81 menit tampil, peraih sepatu emas Eropa musim 2019-2020 itu menciptakan enam tembakan yang dua di antaranya tepat mengarah ke gawang Turki yang dikawal Ugurcan Cakir.

Satu tembakan tercipta di pertengahan babak pertama yang mampu ditangkap Cakir. Kemudian, tembakan kedua tepat sasaran Immobile mampu berbuah gol pada menit ke-66. Gol itu berawal dari sepakan bek sayap kiri Italia, Leonardo Spinazzola, yang mampu ditepis Cakir, tetapi bola liar jatuh di hadapan Immobile. Immobile pun dengan mudah menempatkan bola di sudut kanan yang tidak bisa dijangkau Cakir.

Sekitar 13 menit berselang, Immobile memberikan asis matang kepada Lorenzo Insigne yang berdiri bebas di sisi kanan pertahanan Turki. Tanpa kesulitan, kapten Napoli itu melakukan tembakan terarah untuk menyempurnakan pesta gol Italia di Roma.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA