Euro 2020

Gol Tunggal Sterling Antar Inggris Bekuk Kroasia

IN
Oleh inilahcom
Minggu 13 Juni 2021
share
 

INILAHCOM, London - Inggris mengawali kiprahnya di turnamen Euro 2020 dengan meraih kemenangan tipis 1-0 atas Kroasia dalam laga penyisihan Grup D yang berlangsung di Stadion Wembley, London, Minggu (13/6/2021).

Bermain di hadapan publik sendiri, Raheem Sterling menjadi pahlawan kemenangan The Three Lions. Gol tunggalnya di menit ke-57 sudah cukup mengantarkan Inggris meraih tiga poin.

Inggris yang berusaha mendominasi permainan sejak awal laga nyaris membuka keunggulan pada menit keenam lewat Phil Foden, sayang bola hasil sepakan talenta Manchester City itu masih membentur tiang gawang lawan.

Tiga menit kemudian giliran Kalvin Phillips yang melancarkan ancaman lewat tembakan volinya dalam situasi sepak pojok, tetapi kali ini kiper Dominik Livakovic bisa mementahkan bola.

Inggris terus mencoba menekan. Sulit menciptakan peluang di kotak penalti Kroasia, opsi tendangan jarak jauh diambil, seperti yang dilakukan Raheem Sterling pada menit ke-26. Namun, hasilnya masih melebar.

Ketika ritme pertandingan mulai relatif berimbang, Kroasia berusaha melancarkan serangan, sayang sepakan Ivan Perisic masih jauh dari sasaran.

Pada menit ke-41, bek Marseille Duje Caleta-Car melakukan pelanggaran handball di tepian kotak penalti Kroasia, membuat wasit Daniele Orsato menghadiahi tendangan bebas berbahaya untuk Inggris. Kieran Trippier maju sebagai eksekutor, namun sepakannya masih bisa diblok pagar hidup Kroasia.

Skor 0-0 bertahan hingga turun minum.

Babak kedua berlangsung dengan laga yang relatif lebih berimbang lantaran Kroasia mulai menaikkan tempo permainannya. Pada menit ke-54, Luka Modric mengancam dengan tendangan jarak jauhnya, namun kiper Jordan Pickford berhasil mengamankannya.

Keputusan pelatih Inggris Gareth Southgate menurunkan Sterling sejak awal laga akhirnya membuahkan hasil, sebab penyerang sayap Manchester City itu mampu memecahkan kebuntuan untuk membuka keunggulan tuan rumah.

Berawal dari aksi Phillips membelah lini tengah Kroasia, gelandang Leeds United itu mengirimkan umpan terobosan ke dalam kotak penalti di mana Sterling mampu menghindari kawalan Sime Vrsaljko sebelum menembak bola menaklukkan Livakovic.

Keunggulan Inggris nyaris berganda pada menit ke-61 saat Mason Mount mengirimkan umpan tarik yang disambut Harry Kane di area tiang jauh, sayang penyelesaiannya masih melambung di atas mistar gawang lawan.

Tertinggal 0-1, Kroasia mulai berani menyerang.

Di menit ke-65, Ante Rebic mendapat peluang di depan gawang Inggris, usai menerima bola muntah, namun sepakannya melebar ke sisi kanan.

Menit ke-67, Marcelo Brozovic mendapat kartu kuning atas pelanggarannya kepada Mount di depan kotak penalti Kroasia. Mount sendiri yang menjadi penendang, namun tembakannya masih melayang tipis di atas gawang.

Di menit ke-70, Brozovic mencoba memanfaatkan umpan sepak pojok Modric, tetapi tendangan jarak jauhnya melenceng di sisi kiri.

Inggris memperoleh kesempatan lagi untuk menggandakan keunggulan pada menit ke-74, sayang tembakan voli Sterling menyambut umpan sundulan Tyrone Mings terlalu tinggi dari sasaran.

Tempo pertandingan berangsur-angsur melambat dan suporter Inggris di antara sekitar 22.500 penonton yang mengisi tribun Wembley tentu cukup puas melihat timnya mampu menjaga keunggulan 1-0 atas Kroasia hingga peluit bubaran ditiup wasit.

Hasil ini membuat Inggris membuka lebar-lebar peluang lolos ke 16 besar. Selanjutnya The Three Lions akan berjumpa Skotlandia pada Jumat (18/6/2021), sedangkan Kroasia harus menang atas Republik Ceko demi membuka asa ke fase gugur.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA