Euro 2020

Austria Taklukkan Makedonia Utara 3-1

IN
Oleh inilahcom
Senin 14 Juni 2021
share
 

INILAHCOM, Bukares - Austria mencatat kemenangan meyakinkan dalam Euro 2020 setelah menaklukkan Makedonia Utara 3-1 di laga penyisihan Grup C yang berlangsung di National Arena, Bukares, Rumania, Minggu (13/6/2021) atau Senin (14/6/2021) dini hari WIB.

Ketiga gol kemenangan Austria masing-masing dicetak oleh Stefan Lainer, Michael Gregoritsch, dan Marko Arnautovic. Sedangkan satu-satunya gol balasan Makedonia Utara diciptakan oleh pemain veteran Goran Pandev.

Mendominasi jalannya pertandingan dengan 61 persen penguasaan bola, Austria sempat kesulitan menembus sepertiga akhir lapangan akibat ketatnya pertahanan Makedonia Utara.

Formasi 5-3-2 yang dipakai Makedonia Utara membuat duet penyerang Austria, Christoph Baumgartner dan Sasa Kalajdzic, kesulitan beroperasi di jantung pertahanan lawan.

Namun pada menit ke-18, setelah didahului operan satu-dua yang berakhir balik pada kaki Marcel Sabitzer, gelandang Austria ini mengirimkan umpan diagonal yang jauh dari kotak penalti Makedonia Utara.

Melewati sejumlah pemain Makedonia Utara namun tepat menuju Lainer yang berlari dari sektor kanan menyambut bola itu, gelandang Borussia Munchengladbach berusia 18 tahun itu menyambut bola dengan satu sentuhan lewat tendangan volinya yang tak bisa diantisipasi kiper Stole Dimitrievski.

Setelah gol indah yang diciptakan Lainer ini, Austria semakin bernafsu menyerang, tetapi mental para pemain Makedonia Utara tidak jatuh, sebaliknya mereka dengan percaya diri untuk membalas.

Pandev akhirnya mampu membawa Makedonia Utara menyamakan kedudukan 1-1 pada menit ke-28 ketika memasukkan bola liar akibat tidak kuatnya tangkapan kiper Daniel Bachman yang maju menghadang bola kiriman Ezgjan Alioski.

Ini menjadi gol monumental Makedonia Utara karena tercipta pada debut mereka dalam ajang Piala Eropa.

Austria terus menekan pada babak kedua. Pada menit ke-58, pelatih Austria Franco Foda membuat keputusan penting yang mengubah drastis hasil permainan ketika menarik keluar duet Christoph Baumgartner dan Sasa Kalajdzic untuk digantikan Arnautovic dan Gregoritsch.

Gregoritsch menjadi yang pertama mengubah peruntungan Austria pada menit ke-78 ketika dia memasukkan sontekan first time yang menyambut umpan matang dari David Alaba.

Dimitrievski yang sudah terlanjur maju tak bisa menghadang Gregoritsch yang dengan meyakinkan menciptakan gol kedua Austria dalam laga ini.

Satu menit sebelum waktu normal selesai, giliran Arnautovic yang mencatatkan nama di papan skor setelah menerima bola dari Laimer untuk kemudian dilesakkan ke dalam gawang yang dijaga Dimitrievski. Hasil akhir 3-1 untuk Austria.

Pada laga berikutnya di Grup C pada Kamis (17/6/2021), Austria akan terbang ke Amsterdam untuk berhadapan dengan tim kuat Belanda, sedangkan Makedonia Utara akan menantang tim kuat lainnya Ukraina di Bukares.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA