Euro 2020

Berlangsung Sengit, Belanda Bekuk Ukraina 3-2

IN
Oleh inilahcom
Senin 14 Juni 2021
share
 

INILAHCOM, Amsterdam - Belanda sukses meraih tiga poin usai membekuk tamunya Ukraina dengan skor 3-2 dalam laga sengit penyisihan Grup C Euro 2020 yang berlangsung di Johan Cruyff Arena, Amsterdam, Minggu (13/6/2021) atau Senin (14/6/2021) dini hari WIB.

Baik Belanda maupun Ukraina tidak membuat gol sama sekali di paruh pertama. Gol-gol baru hadir di babak kedua. Belanda terlebih dahulu unggul dua gol lewat Georginio Wijnaldum dan Wout Weghorst, sebelum Ukraina menyamakan kedudukan dalam tempo empat menit berkat gol-gol Andriy Yarmolenko dan Roman Yaremchuk.

Denzel Dumfries akhirnya bisa mencetak gol kemenangan bagi De Oranje jelang laga usai.

Belanda sementara menempati posisi kedua klasemen Grup C dengan tiga poin, kalah selisih gol dari Austria yang menjadi pemuncak klasemen setelah di laga sebelumnya mampu menaklukkan Makedonia Utara dengan skor 3-1.

Jalannya pertandingan

Belanda langsung menciptakan peluang pertama saat pertandingan memasuki menit kedua. Berawal dari pemain Ukraina yang salah operan, bola lalu bisa dikontrol Memphis Depay.

Gelandang Olympique Lyon ini kemudian menggiring bola dari lapangan tengah hingga mendekati kotak penalti Ukraina sambil dibayangi tiga pemain lawan. Dia lalu melepaskan tembakan yang mudah saja masuk ke pelukan kiper Ukraina, Goergiy Bushchan.

De Oranje kembali membuat lini pertahanan Ukraina kelimpungan tiga menit setelahnya. Sempat ada kemelut di kotak penalti Ukraina, Stefan de Vrij yang berada di sebelah kiri bisa menguasai bola dan langsung menembak. Namun, lagi-lagi Bushchan tampil apik dan bisa menggagalkan peluang De Vrij dengan kakinya.

Menit ke-15, giliran Ukraina yang menciptakan peluang lewat Roman Yaremchuk. Akan tetapi, tendangannya dengan sigap diamankan kiper Belanda, Maarten Stekelenburg.

Hingga pertandingan memasuki menit ke-30, Belanda masih memegang kendali permainan. Namun, Ukraina bukannya diam saja. Tim besutan Andriy Shevchenko itu beberapa kali memberi ancaman.

Kali ini, Andriy Yarmolenko yang melepaskan tendangan keras dari sisi kanan kotak penalti Belanda. Belum beruntung bagi Ukraina, karena bola langsung masuk ke pelukan Stekelenburg.

Belanda nyaris membuka keunggulan pada menit ke-38 lewat aksi Wijnaldum, tetapi bola berhasil ditepis Goergiy Bushchan. Semenit berselang, giliran De Vrij yang memiliki peluang.

Berdiri di dekat gawang, De Vrij menyambut bola dengan tandukannya, tetapi upayanya itu masih melebar ke sisi kiri gawang Ukraina.

Skor kacamata alias 0-0 pun menjadi penutup babak pertama dari duel sengit Belanda vs Ukraina.

Belanda kemudian sukses membuka keunggulan pada menit ke-52 berkat penyelesaian apik Wijnaldum. Gol bermula dari pergerakan Dumfries di sisi kanan pertahanan Ukraina.

Dia melepaskan operan silang ke arah kotak penalti yang lantas ditepis Bushchan. Namun, bola muntah bisa dikuasai Wijnaldum dan kapten timnas Belanda itu sukses menggetarkan jala gawang Ukraina. Skor 1-0 untuk keunggulan De Oranje.

Tiga menit setelahnya, Weghorst yang nyaris menggandakan keunggulan Belanda setelah menerima operan dari Wijnaldum. Akan tetapi, bola tendangannya dengan mudah ditangkap Bushchan.

Kegagalan itu kemudian dibayar lunas Weghosrt pada menit ke-58. Lagi-lagi Dumfries berperan dalam gol ini. Dia menggiring bola sampai ke dalam kotak penalti dan terjadi kemelut di sana. Bola lalu terlepas dari kaki Dumfries, tetapi jatuh di hadapan Weghorst.

Tanpa berlama-lama, Weghorst pun melepaskan tendangan keras yang gagal diantisipasi kiper Ukraina. Skor berubah menjadi 2-0 untuk Belanda.

Meski tertinggal dua gol, Ukraina belum menyerah. Mereka terus mencoba mendobrak pertahanan Wijnaldum dkk. Ukraina memiliki peluang emas untuk memperkecil jarak pada menit ke-72. Akan tetapi, tendangan Roman Yaremchuk yang mengarah langsung ke badan Maarten Stekelenburg berhasil diantisipasi.

Ukraina baru mampu memecah kebuntuan pada menit ke-75 lewat Andriy Yarmolenko. Pemain West Ham United itu datang dari sisi kiri luar kotak penalti dan langsung melepaskan tembakan melengkung ke sudut kiri atas gawang Stekelenburg.

Tiga menit berselang, Ukraina sukses mencetak gol penyama kedudukan via tandukan Yaremchuk. Dia menyambut tendangan bebas Ruslan Malinovskyi dengan kepalanya dan bola bersarang nyaman di gawang Belanda. Skor imbang 2-2 pada menit ke-78.

Kebobolan dua gol dalam tempo singkat membuat Belanda tersentak dan semakin gencar menyerang. Kali ini, serangan De Oranje berhasil diselesaikan Dumfries. Menyambut umpan silang Nathan Ake dari sisi kiri lapangan, Dumfries menyarangkan si kulit bundar ke gawang Ukraina dengan tandukannya pada menit ke-85.

Gol Dumfries ini sekaligus memastikan kemenangan timnas Belanda 3-2 atas Ukraina.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA