Euro 2020

Mampu Bangkit, Jerman Bungkam Portugal 4-2

IN
Oleh inilahcom
Minggu 20 Juni 2021
share
 

INILAHCOM, Munich - Jerman mampu bangkit di laga keduanya saat membungkam Portugal 4-2 dalam lanjutan penyisihan Grup F Euro 2020 di Allianz Arena, Munich, Sabtu (19/6/2021) atau Minggu (20/6/2021) dini hari WIB.

Dua dari empat gol Jerman tercipta dari sumbangan Portugal setelah Ruben Dias dan Raphael Guerreiro menjebol gawang sendiri yang membalikkan keunggulan Portugal dari gol Cristiano Ronaldo.

Sedangkan dua gol lainnya tercipta pada babak kedua dari kaki Kai Havertz dan kepala Robin Gosens. Portugal menambah satu gol lewat Diogo Jota tujuh menit setelah gol keempat Jerman.

Kembali bermain di hadapan pendukungnya sendiri, Jerman sebenarnya lebih dulu mencetak gol pada menit kelima dari sontekan Gosens, tetapi Serge Gnabry dinyatakan offside sebelum gol ini terjadi.

Jerman yang kalah pada pertandingan pertama melawan Prancis menjadi pihak yang lebih berinisiatif menyerang hampir sepanjang laga ini, tetapi Portugal yang justru lebih dulu unggul pada menit ke-15 melalui kaki Ronaldo.

Gol ini berawal dari serangan balik yang cepat ketika Bernardo Silva menerima bola dari daerah permainan sendiri untuk dibawa ke area pertahanan Jerman. Silva lalu mengirimkan bola diagonal kepada Jota yang kemudian meneruskannya ke Ronaldo untuk mengecoh kiper Manuel Neuer. Tanpa kendala, Ronaldo pun menyarangkan bola ke gawang Jerman.

Jerman berusaha keras membalas, tapi baru bisa melakukannya 20 menit kemudian ketika Joshua Kimmich mengumpan Gosens yang melanjutkan bola dengan tendangan voli yang berusaha disambut Kai Havertz, namun malah bek tengah Ruben Dias yang menyentuh bola untuk memasukkan bola ke gawang sendiri.

Empat menit kemudian pada menit ke-39, giliran Raphael Guerreiro yang 'menghadiahkan' gol untuk Jerman lewat gol bunuh diri kedua Portugal dalam laga ini.

Thomas Mueller mengawali petaka Portugal itu setelah mengirimkan bola kepada Kimmich yang melepaskan bola ke sisi lain dari gawang Portugal dengan tujuan Gosens, tapi Guerreiro malah memotongnya untuk masuk ke gawang sendiri. Jerman pun berbalik unggul 2-1.

Tuan rumah semakin bersemangat dengan terus mendominasi tamunya. Havertz, Gosens, Kimmich, dan Gnabry bermain cemerlang dalam pertandingan ini, dengan kerap merepotkan Portugal yang menjadi pihak yang lebih tertekan.

Pada menit ke-44 penjaga gawang Rui Patricio melakukan penyelamatan dari upaya Gosens, namun kedudukan 2-1 bertahan hingga babak pertama usai.

Enam menit dari kickoff babak kedua, Jerman menambah keunggulan setelah kali ini Havetz berhasil mencetak gol ketiga buat timnya.

Talenta muda yang bermain untuk Chelsea ini memasukkan bola setelah menerima sodoran umpan silang matang dari Gosens yang mendapatkan bola dari Mueller dan meneruskannya melewati kaki para bek Portugal untuk dimasukkan Havertz ke gawang yang sudah tak terjaga.

Sembilan menit kemudian pada menit ke-60, kerja sama Gosens dan Havertz kembali mengoyak gawang Portugal tapi kali ini Havertz yang gantian memberikan assist.

Havertz menyelipkan bola di antara pemain-pemain Portugal untuk mencapai kaki Kimmich. Bola lalu diteruskan Kimmich dengan tendangan melengkung menyilangi depan gawang Portugal untuk disambut kepala Gosens yang menyundul masuk gawang Rui Patricio.

Portugal berusaha membalas dan tujuh menit kemudian Portugal akhirnya mendapatkan gol yang awalnya dari tendangan bebas yang dieksekusi Joao Mouthino. Bola melengkung melewati pagar betis Jerman yang terlihat terlambat bereaksi untuk kemudian dimasukkaan Jota.

Gol Jota ini adalah gol terakhir dalam drama enam gol di Allianz Arena dan pertandingan pun berakhir 4-2 untuk Jerman.

Jerman lebih unggul dibandingkan Portugal dalam hampir semua statistik, di antaranya menguasai 56 persen distribusi bola dan melepaskan 13 percobaan gol yang empat di antaranya tepat sasaran. Untuk kategori sama, Portugal melepaskan delapan percobaan gol yang dua di antaranya tepat sasaran.

Hasil ini membuat Prancis tetap memuncaki Grup F dengan empat poin, sedangkan Jerman menyalip ke urutan kedua dengan tiga poin namun unggul selisih gol dari Portugal yang juga tiga poin dan menduduki urutan ketiga. Hungaria menjadi urutan buncit dengan satu poin setelah berhasil mengimbangi Prancis 1-1.

Pertandingan ketiga dalam grup ini nanti akan menjadi pertandingan hidup mati bagi keempat tim yang di atas kertas semuanya punya peluang lolos ke 16 besar.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA