https://dev-alb-jkt.lifepod.id/dmp?nw=SSP&clientId=imUQagXzHv

berita   25 July 2021 - 16:01 wib

Eko Yuli Persembahkan Medali Perak Bagi Indonesia

berita-profile

Inilah

0

0

INILAHCOM, Jakarta - Indonesia kembali menambah medali di ajang Olimpiade Tokyo 2020 melalui atlet angkat besi Eko Yuli Irawan. Turun di nomor 61kg putra, lifter 32 tahun ini mempersembahkan medali perak dalam lomba yang digelar di Tokyo International Forum, Minggu (25/7/2021).

Mencatatkan total angkatan seberat 302kg, dengan angkatan snatch 137kg dan cleand & jerk 165kg, Eko Yuli menempati posisi kedua sehingga berhak atas medali perak.

Adapun medali emas diraih oleh lifter China Li Fabin yang berhasil mencatatkan total angkatan seberat 313kg, dengan rincian angkatan snatch 141kg dan cleand & jerk 172kg.

Sedangkan medali perunggu direbut oleh Igor Son dari Kazakhstan dengan total angkatan 294kg (snatch 141kg dan cleand & jerk 164kg).



Keberhasilan kali ini menempatkan Eko Yuli sebagai peraih medali terbanyak untuk Indonesia di ajang Olimpiade. Ia telah menyumbang dua perak dan dua perunggu.

Eko Yuli meraih medali Olimpiade pertamanya di Beijing 2008. Tampil di nomor 56kg putra, atlet asal Lampung ini meraih medali perunggu dengan total angkatan 288kg, terdiri dari angkatan snatch 130kg dan cleand & jerk 158kg.

Empat tahun berselang Eko Yuli memutuskan naik ke kelas 62kg. Walau sempat meraih medali perak di kejuaraan dunia 2009, Eko kembali meraih perunggu di Olimpiade London 2012. Total angkatannya 317kg, terdiri dari angkatan snatch 145kg dan cleand & jerk 173kg.

Kemudian pada Olimpiade Rio 2016, Eko Yuli yang masih tampil di nomor 62kg untuk memperbaiki prestasinya. Walau total angkatannya lebih enteng 5kg dari Olimpiade 2012, yakni hanya 312kg (snatch 142kg dan cleand & jerk 170kg), ia mampu mempersembahkan medali perak.

Sebelum sumbangan Eko Yuli, angkat besi juga sudah mempersembahkan medali lain bagi Indonesia lewat Windy Cantika Aisah yang meraih perunggu.

Sejauh ini, cabang angkat besi masih jadi satu-satunya penyumbang medali bagi kontengan Merah Putih pada Olimpiade Tokyo 2020. [ikh]

Komentar (0)

komentar terkini

Belum Ada Komentar

Berita Terkait

berita-headline

Hangout

Jatuh-Bangkit Ni Nengah Widiasih Torehkan Medali untuk Merah Putih

Lifter Indonesia Ni Nengah Widiasih berhasil meraih medali pertama untuk Indonesia pada Paralimpi
berita-headline

Inersia

Greysia dan Apriyani Terus Dihujani Apresiasi

Dukungan dan apresiasi untuk pasangan ganda putri Indonesia Greysia Polii dan Apriyani Rahayu ter
berita-headline

Viral

Targetkan Pasar Asia Tenggara, Porsche Siap Rakit Mobil di Malaysia

Produsen mobil sport Jerman, Porsche, mengumumkan akan segera mendirikan pabrik perakitan di Mala
berita-headline

Viral

Fredy Setiawan Bawa Medali Perunggu Dari Paralympics Tokyo 2020

Atlet Para Badminton Indonesia Fredy Setiawan sukses menambah pundi medali kontingen Merah Putih di
berita-headline

Inersia

Leani Ratri Oktila, Ratu Para Badminton Pendulang Emas

Nama Leani Ratri Oktila sukses mencetak sejarah manis kontingen Indonesia dalam gelaran Paralimpi