https://dev-alb-jkt.lifepod.id/dmp?nw=SSP&clientId=imUQagXzHv

berita   29 July 2021 - 11:11 wib

Banting Raket, Minions Kandas di Perempat Final

berita-profile

Inilah

0

0

INILAHCOM, Tokyo -  Kejutan dari persaingan cabang bulu tangkis Olimpiade Tokyo 2020 bertambah dengan tersingkirnya Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon pada perempat final. Bulu tangkis pun kehilangan dua wakil berstatus nomor satu dunia yang difavoritkan juara.

Sehari sebelumnya, tunggal putra nomor satu dunia, Kento Momota, bahkan tak bisa melewati persaingan penyisihan grup. Pada pertandingan penentuan Grup A, andalan tuan rumah itu dikalahkan wakil Korea Selatan, Heo Kwang-hee (Korea Selatan), 15-21, 19-21.

”Minions”, julukan untuk Kevin/Marcus, disingkirkan pasangan Malaysia, Aaron Chia/Soh Wooi Yik, pada pertandingan di Musashino Forest Sport Plaza, Tokyo, Jepang, Kamis (29/7/2021). Kekalahan 14-21, 17-21 dari ganda Malaysia berperingkat kesembilan dunia itu menjadi kekalahan kedua beruntun Kevin/Marcus di Tokyo.

Setelah tampil solid pada dua pertandingan awal di penyisihan grup, Kevin/Marcus kalah pada laga terakhir grup. Dua hari sebelum tampil pada perempat final, mereka dikalahkan ganda Taiwan, Lee Yang/Wang Chi Lin, 18-21, 21-15, 17-21.

Kedua pasangan yang mengalahkan Kevin/Marcus itu memiliki kesamaan, yaitu tak pernah menang dari pertemuan sebelumnya. Chia/Soh selalu kalah dalam tujuh pertemuan sebelumnya, sementara Lee/Wang kalah dalam tiga persaingan lain.

Kemenangan beruntun juara All England 2017 dan 2018 itu berakhir di ajang yang justru lebih bergengsi, Olimpiade. Melawan Chia/Soh, Kevin/Marcus kalah cepat dalam menciptakan momentum untuk menekan lawan. Padahal, meraih dan mempertahankan momentum untuk mengontrol pertandingan menjadi poin terpenting permainan ganda putra yang berlangsung dalam tempo cepat.

Pada awal gim pertama, saat tertinggal 2-8, mereka sempat mengejar dan meraih lima poin beruntun hingga kedudukan menjadi 7-8, tetapi setelah itu, Chia/Soh kembali menemukan ritme permainan hingga memimpin 11-8. Kevin/Marcus kehilangan ritme dan kalah 14-21.

Marcus Fernaldi Gideon (depan) memukul bola disaksikan Kevin Sanjaya Sukamuljo saat melawan ganda putra Malaysia, Aaron Chia/Soh Wooi Yik, pada laga perempat final bulu tangkis Olimpiade Tokyo 2020 di di Musashino Forest Sport Plaza, Tokyo, Jepang, Kamis (29/7/2021).

Gim kedua diawali dengan poin rapat, tetapi kemudian ganda Malaysia bisa melesat lebih cepat. Setiap kali Kevin/Marcus meraih satu poin, Chia/Soh bisa membalik keadaan dan meraih tiga poin beruntun.

Kondisi itu membuat Kevin kesal hingga membanting raket di lapangan karena gagal mengembalikan smes lawan yang mengubah kedudukan menjadi 13-16. Mereka sempat menyamakan kedudukan menjadi 16-16, tetapi empat poin berikutnya diborong ganda Malaysia hingga memimpin 20-16 dan akhirnya menang.

Komentar (0)

komentar terkini

Belum Ada Komentar

Berita Terkait

Tidak Ada Berita yang Relevan