Pembangunan Kota Islam Terbesar di Negeri Komunis?

IN
Oleh inilahcom
Rabu 19 Juni 2019
share
(Foto: Istimewa)

HUI Culture Park, sesungguhnya bukanlah hal baru yang dibangun oleh Pemerintah Tiongkok. Kawasan ini sudah dibangun dan diresmikan pada tahap pertamanya di tahun 2001-2005. Hui Culture Park digadang-gadang akan menjadi kota Islam terbesar di dunia. Kini diperkirakan pada tahun depan (2020) menjadi tahun terakhir pembangunan Hui Culture Park.
Hui Culture Park dibangun di atas lahan seluas 67 hektar di Yongning Kota Yinchuan China dengan biaya sekitar 3,5 miliar dolar Amerika atau setara dengan 45 triliun rupiah.
Hui Culture Park didesain khusus sebagai 'Jembatan Peradaban China dan Arab' atauSino Arabic Cultural Bridge. "Tidak mengherankan jika di tempat ini banyak ditemui tulisan transliterasi China ke tulisan Arab," kata Rais Syuriyah PCINU Tiongkok, H Imron Rosyadi Hamid.
Hui merupakan nama etnis Muslim di China yang tinggal di sisi barat utara China.Hui juga dikenal sebagai etnis yang mampu melakukan akulturasi antara Islam dan budaya China.
"Di zaman Soekarno, ada satu tokoh Hui bernama Dapusheng yang sangat berjasa membangun komunikasi antara muslim China dan Indonesia," imbuhnya.
Selain dibangun masjid-masjid dengan arsitektur ala Taj Mahal dan Timur Tengah, Hui Culture Park dilengkapi museum, taman-taman raksasa, dan berbagai fasilitas lain termasuk tempat pameran atau ekspo dan restoran halal.
[baca lanjutan]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA