Kronologi Rasulullah Selamat dari Racun Zainab

IN
Oleh inilahcom
Sabtu 12 Oktober 2019
share
(Foto: Ilustrasi)

KAUM Muslimin kembali dari Khaibar yang penuh berkah dengan senyum kemenangan bersama Rasul-Nya yang mulia. Kondisi telah aman, suatu hari Zainab binti Al-Harits, istri Sallam bin Misykam, hendak menghadiahi seekor kambing bakar kepada Rasulullah SAW.

Sebelumnya Zainab bertanya, "Ya Rasulullah, bagian kambing yang mana yang paling engkau sukai?" Rasulullah SAW menjawab, "Bagian Lengan."

Ternyata Zainab membubuhkan racun sebanyak mungkin ke lengan kambing, meracuni semua daging kambing dan menghidangkannya kepada Rasulullah SAW. Beliau mengambil lengan kambing, mengunyah sedikit, tanpa menelannya, kemudian memuntahkannya. Sedang Bisyr bin Al-Barra' bin Ma'rur yang ketika itu bersama beliau, mengambil bagian yang sama dengan Rasulullah dan menelannya.

Beliau bersabda, "Sesungguhnya tulang kambing tersebut memberitahuku bahwa ia beracun."

Rasulullah segera memanggil Zainab dan ia mengaku bahwa ia telah meracuni kambing bakar tersebut. Beliau bertanya, "Mengapa kau lakukan itu?"

Zainab menjawab, "Engkau telah bertindak sedemikian terhadap kaumku. Seperti yang engkau ketahui, aku beranggapan jika ia (Muhammad) seorang raja, maka aku bisa membunuhnya. Tapi bila ia seorang nabi, maka ia akan diberitahu."

Rasulullah SAW kemudian memaafkan Zainab, sedang Bisyr meninggal dunia setelah memakan daging tersebut.[]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA