Tiga Kalimat Zikir Penghapus Dosa

IN
Oleh inilahcom
Minggu 03 November 2019
share
(Foto: Ilustrasi)

JIKA dibandingkan dengan buih di lautan, mungkin saja dosa kita jauh lebih melimpah dan akan terus bertambah. Andai dikonversikan dengan butiran pasir di satu pantai saja, bisa jadi dosa kita masih tersisa amat banyak saat semua pasir sudah habis.

Bila dosa dan kesalahan kita dihitung, amat memungkinkan bahwa jumlahnya jauh lebih melimpah dari gemintang di angkasa. Sangat banyak. Tak terhitung. Melimpah ruah. Terus bertambah.

Beruntungnya, kita adalah hamba dari Rabb semesta alam yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. Sebanyak apa pun dosa dan khilaf, andai disesali dan tak diulangi, sungguh ampunan-Nya amat membahagiakan.

Selain dengan tobat, senantia salah meminta ampun kepada Allah Taala dengan doa-doa dan zikir-zikir yang dijamin sebagai penghapus dosa. Inilah tiga kalimat zikir yang direkomendasikan oleh Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam sebagai penghapus dosa.

Dibaca ketika bangun tidur

Diriwayatkan oleh Ibnus Sunni, Imam an-Nawawi mengutip sabda Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam dari Ummu Aisyah yang disebutkan dalam al-Adzkar, "Tidak ada seorang pun yang telah dikembalikan ruhnya (bangun tidur) kemudian membaca,

-- (Tidak ada Tuhan selain Allah Yang Mahaesa. Tiada sekutu bagi-Nya. Bagi-Nya segala kerajaan, dan bagi-Nya segala puji. Dia Mahakuasa atas segala sesuatu), melainkan segala dosanya diampuni oleh Allah walaupun sebanyak buih di lautan."

Bacalah Seratus Kali

Disebutkan dalam sebuah hadis panjang oleh Imam al-Bukhari dan Imam Muslim. Abu Hurairah meriwayatkan, Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam bersabda, "Barangsiapa mengucapkan (Mahasuci Allah dan segala puji hanya bagi-Nya) sebanyak seratus kali dalam sehari, maka Allah Taala akan mengampuni dosanya, meskipun sebanyak buih di lautan." (Baca: Tiga Keutamaan Kalimat Subhanallahi wa bihamdihi)

Baca saat berpakaian

Dari Muadz bin Anas, Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam bersabda, "Barangsiapa yang mengenakan pakaian baru lalu membaca,

-- (Alhamdulillahilladzi kasaanii haadzaa wa razaqaniihi min ghoiri haulin minnii wa laa quwwatin-segala puji bagi Allah Taala yang telah memberi pakaian ini kepadaku dan memberi rezeki kepadaku tanpa daya dan upaya dariku), (maka) Allah Taala mengampuni dosanya yang telah lalu." (HR. Ibnus Sunni dalam al-Adzkar Imam an-Nawawi) (Baca: Baca Ketika Berpakaian, Dosa Anda Diampuni). [bersamadakwah]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA