Tiga Orang yang Dicuekin Rasulullah

IN
Oleh inilahcom
Senin 04 November 2019
share
(Foto: Ilustrasi)

BAGAIMANA rasanya bila kau ditakacuhkan orang saleh? Tentu sangat sedih dan menyakitkan. Itu baru dicuekin orang saleh, bagaimana kalau ditakacuhkan oleh Rasulullah SAW?

Ketika ada tiga orang yang tidak ikut serta dalam perang Tabuk, maka Rasulullah SAW dan seluruh kaum muslimin mengisolasi mereka.

Peristiwa tersebut dikisahkan oleh Ibnu Hisyam dalam sirahnya, "Ketika Rasulullah SAW kembali ke Madinah beliau mengetahui ada beberapa orang Munafik yang tidak ikut serta dalam peperangan. Juga ada tiga orang dari kalangan muslimin, yaitu;

1. Kaab bin Malik

2. Murarah bin Rabi

3. Hilal bin Umayah

Bukan karena keraguan atau sifat nifaq. Karena itu Rasulullah berkata kepada para sahabat," Jangan sekali-kali berbicara dengan salah seorang dari mereka."

Maka secara serempak kaum muslimin pun melakukan gerakan tutup mulut terhadap mereka bertiga. Sementara orang-orang munafik yang membelot mendatangi Rasulullah untuk mengemukakan alasan ketidakikutsertaannya berperang dengan bersumpah. Rasulullah tidak menghukum mereka. Meski sesungguhnya Allah dan Rasul-Nya tidak akan mengampuninya. [bersamadakwah]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA