Jika Kita Memiliki Teman yang Saleh...

IN
Oleh inilahcom
Senin 09 Desember 2019
share
(Ilustrasi)

1- Dia akan mengingatkan kita untuk beramal shalih, juga saat kita terjatuh dalam kesalahan

Yang menjadi dalil teman shalih akan selalu mendukung kita dalam kebaikan dan mengingatkan kita dari kesalahan. Lihatlah kisah persaudaraan Salman dan Abu Darda berikut ini.

Dari Abu Juhaifah Wahb bin Abdullah berkata, "Nabi shallallahu alaihi wa sallam pernah mempersaudarakan antara Salman dan Abu Darda. Tatkala Salman bertandang (ziarah) ke rumah Abu Darda, ia melihat Ummu Darda (istri Abu Darda) dalam keadaan mengenakan pakaian yang serba kusut. Salman pun bertanya padanya, Mengapa keadaanmu seperti itu? Wanita itu menjawab, Saudaramu, Abu Darda, sudah tidak mempunyai hajat lagi pada keduniaan.

Kemudian Abu Darda datang dan ia membuatkan makanan untuk Salman. Setelah selesai, Abu Darda berkata kepada Salman, Makanlah, karena saya sedang berpuasa. Salman menjawab, Saya tidak akan makan sebelum engkau pun makan. Abu Darda pun makan. Pada malam harinya, Abu Darda bangun untuk mengerjakan shalat malam. Salman pun berkata padanya, Tidurlah! Abu Darda pun tidur kembali.

Ketika Abu Darda bangun hendak mengerjakan shalat malam, Salman berkata lagi kepadanya, Tidurlah! Hingga pada akhir malam, Salman berkata, Bangunlah! Lalu mereka shalat bersama-sama. Setelah itu, Salman berkata kepadanya,

Sesungguhnya bagi Rabbmu ada hak, bagi dirimu ada hak, dan bagi keluargamu juga ada hak. Karenanya, penuhilah masing-masing hak tersebut.

Kemudian Abu Darda mendatangi Nabi shallallahu alaihi wa sallam lalu menceritakan apa yang baru saja terjadi. Beliau lantas bersabda, Salman benar." (HR. Bukhari, no. 1968)

[baca lanjutan]

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA