Nikmat, Ada yang Beriman, Ada Pula yang Kafir

IN
Oleh inilahcom
Senin 09 Desember 2019
share
(Foto: Ilustrasi)

ALLAH Taala berfirman,

"(Yaitu) ketika dua orang malaikat mencatat amal perbuatannya, seorang duduk di sebelah kanan dan yang lain duduk di sebelah kiri. Tiada suatu ucapanpun yang diucapkannya melainkan ada di dekatnya malaikat pengawas yang selalu hadir." (QS. Qaaf: 17-18).

Dosa lisan #01: Menyandarkan nikmat kepada selain Allah

Dari Zaid bin Khalid Al-Juhani, Nabi shallallahu alaihi wa sallam melakukan shalat shubuh bersama kami di Hudaibiyah setelah hujan turun pada malam harinya. Tatkala hendak pergi, beliau menghadap jamaah shalat, lalu mengatakan, "Apakah kalian mengetahui apa yang dikatakan Rabb kalian?" Kemudian mereka mengatakan, "Allah dan Rasul-Nya yang lebih mengetahui". Kemudian Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda,

"Pada pagi hari, di antara hamba-Ku ada yang beriman kepada-Ku dan ada yang kafir. Siapa yang mengatakan MUTHIRNA BI FADHLILLAHI WA ROHMATIH (Kita diberi hujan karena karunia dan rahmat Allah), maka dialah yang beriman kepada-Ku dan kufur terhadap bintang-bintang. Sedangkan yang mengatakan Muthirna binnau kadza wa kadza (Kami diberi hujan karena sebab bintang ini dan ini), maka dialah yang kufur kepada-Ku dan beriman pada bintang-bintang." (HR. Bukhari, no. 846 dan Muslim, no. 71)

[baca lanjutan]

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA