Catatan Penggembira Bagi yang Diterpa Derita

KA
Oleh KH Ahmad Imam Mawardi
Kamis 16 Januari 2020
share
(Ilustrasi)

ADA yang duduk gelisah dan tidur pun gelisah memikirkan banyak peristiwa hidup yang terasa sangat menghimpit hati serta memberatkan pikiran. Tak terlihat senyuman dan tak terlihat aura kehidupan di wajahnya, pucat pasi dikejar rasa takut dan khawatir. Apakah Anda termasuk kelompok ini? Semoga tidak.

Ada orang yang pergi kesana kemari mencari pintu yang terbuka untuk dirinya demi mencari kerja menyambung hidup, namun tak ada pintu yang terbuka dan bahkan jendelanyapun tertutup. Lalu tertunduk lesu, duduk bersimpuh tanpa ada urat yang bisa diaktifkan untuk tetap bisa berharap. Dia putus asa, tak ada lowongan kerja baginya. Apakah Anda termasuk golongan seperti ini? Semoga tidak.

Jika jawabannya adalah "iya," janganlah bunuh masa depan depan putus asa. Putus asa itu dosa karena tersembunyi di balik putus asa ini rasa tak percaya pada kuasa Allah. Bukankah telah bertebaran ayat yang menyatakan bahwa Allah Mahakuasa atas segala sesuatu?

Tuhan yang kuasa membelah lautan untuk Nabi Musa adalah kuasa dengan mudah menyingkirkan kesulitan hidup dan derita sebesar apapun, kuasa pula dengan gampang membuka semua pintu yang tertutup di hadapan kita. Masihkah ada alasan untuk mengeluh?

Cukup satu hal yang harus kita lakukan untuk menemukan keajaiban seperti yang dialami Nabi Musa, yakni milikilah jiwa dan sikap hidup seperti yang dimiliki Nabi Musa. Keimanan yang kuat dan sikap hidup yang selalu positif serta tawakkal penuh kepada Allah harus dimiliki. Yakinlah dan tersenyumlah. Doa dari lubuk hati saya yang paling dalam untuk semua pembaca. Salam, AIM. [*]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA