Inilah Golongan Shabiin yang Dijamin Masuk Surga

IN
Oleh inilahcom
Minggu 16 Februari 2020
share
(Foto: Ilustrasi)

PADA 2 ayat Alquran yaitu al-Baqarah: 62 dan al-Maidah: 69, Allah Taala menjamin, siapapun diantara shabiin yang beriman dan beramal shaleh, maka mereka masuk surga.

Ayat ini memiliki Asbabun Nuzul. Ibnu Abi Hatim meriwayatkan dari Mujahid, dari Salman al-Farisi Radhiyallahu anhu, "Aku pernah bertanya kepada Nabi Shallallahu alaihi wa sallam tentang para penganut agama yang dulu aku ikuti. Aku sebutkan cara shalat mereka dan ibadah mereka. Lalu Allah menurunkan firman-Nya, .. di surat al-Baqarah: 62)."

Karena itu, shabiin yang dijamin surga sebelum ada Nabi, adalah mereka yang beriman kepada Allah, hari akhir, dan beramal shaleh. Sementara setelah Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam diutus, semua manusia wajib menjadi pengikut beliau, tanpa kecuali.

Allah berfirman, "Akan Aku tetapkan rahmat-Ku untuk orang-orang yang bertakwa, yang menunaikan zakat dan orang-orang yang beriman kepada ayat-ayat Kami". (Yaitu) orang-orang yang mengikut Rasul, Nabi yang ummi yang (namanya) mereka dapati tertulis di dalam Taurat dan Injil yang ada di sisi mereka" (QS. Al-Araf: 156 157)

Yang dimaksud sang Rasul, Nabi yang ummi yang (namanya) mereka dapati tertulis di dalam Taurat dan Injil adalah Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam. Nabi Shallallahu alaihi wa sallam juga menegaskan,

"Demi Rabb yang jiwa Muhammad berada di tangan-Nya, tidak seorangpun dari umat ini, baik Yahudi atau Nasrani yang mendengar diutusnya aku (Muhammad), lalu dia mati dalam keadaan tidak beriman dengan ajaran yang aku bawa (Islam), niscaya dia termasuk penghuni neraka." (HR. Muslim 153)

Demikian, Allahu alam. [Ustadz Ammi Nur Baits]

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA