Orang-Orang yang Berada dalam Majelis Zikir

IN
Oleh inilahcom
Selasa 24 Maret 2020
share
(Foto: Istimewa)

INILAH keutamaan lain dari orang yang berada dalam majelis ilmu dan majelis dzikir.

Dari Abu Said Al-Khudri radhiyallahu anhu berkata, "Muawiyah radhiyallahu anhu keluar mendatangi sekumpulan orang di masjid, lalu ia berkata, Apakah yang menyebabkan kalian duduk ini? Mereka menjawab, Kami duduk untuk berdzikir (mengingat) Allah. Muawiyah berkata, Apakahdemi Allahtidak ada yang menyebabkan kalian duduk ini melainkan karena berdzikir (mengingat) Allah saja? Mereka menjawab, Ya, tidak ada yang menyebabkan kami semua duduk ini, kecuali untuk itu.

Muawiyah lalu berkata, Sebenarnya aku bukan ingin meminta sumpah dari kalian karena adanya kecurigaan terhadap kalian. Dan tidak ada seorang pun, dengan kedudukanku dari Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam yang paling sedikit haditsnya daripada aku sendiri. Sesungguhnya Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam pada suatu ketika keluar mendatangi sekumpulan orang dari kalangan sahabat-sahabatnya, lalu beliau bersabda, Apakah yang menyebabkan kalian duduk ini? Para sahabat menjawab, Kami duduk untuk berdzikir (mengingat) Allah dan memuji-Nya karena Dia telah menunjukkan kami semua kepada Islam dan mengaruniakan kenikmatan Islam itu kepada kami. Beliau bersabda, Apakahdemi Allahtidak ada yang menyebabkan kalian duduk ini melainkan karena itu? Sesungguhnya aku bukan ingin meminta sumpah dari kalian karena adanya kecurigaan terhadap kalian semua, tetapi Jibril datang kepadaku dan memberitahukan sesungguhnya Allah membanggakan kalian di hadapan para malaikat." (HR. Muslim) [HR. Muslim, no. 2701)

Faedah Hadits:
- Hadits ini menunjukkan keutamaan Muawiyah bin Abi Sufyan dalam semangat beliau untuk mengikuti Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam dalam menyampaikan suatu ilmu.
- Bolehnya meminta sumpah tanpa ada kecurigaan sebagai bentuk peringatan akan pentingnya sesuatu yang ditanyakan.
- Hadits ini menunjukkan keutamaan majelis dzikir dan terus menerus berada dalam majelis ilmu.
- Di antara keutamaan majelis ilmu adalah Allah membanggakannya di hadapan para malaikat.
- Sunnah (hadits Nabi shallallahu alaihi wa sallam) adalah wahyu yang dibawa oleh Jibril kepada Rasul shallallahu alaihi wa sallam. Namun kalau hadits nabi tidaklah dianggap sebagai bentuk tilawah ketika membacanya. Hadits dianggap sebagai ibadah ketika menjalankan hukumnya.

[Referensi: Bahjah An-Nazhirin Syarh Riyadh Ash-Shalihin/ Muhammad Abduh Tuasikal]

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA