Apakah Niat Bernazar Mampu Merubah Takdir?

IN
Oleh inilahcom
Senin 30 Maret 2020
share
(Foto: Ilustrasi)

KAMI ingin menegaskan bahwa nadzar sama sekali TIDAK memberikan pengaruh terhadap takdir. Nadzar tidak bisa mendatangkan takdir baik maupun menolak keburukan. Sehingga hajat tidak bisa menjadi cepat terkabul, gara-gara pelakunya bernadzar. Keyakinan bahwa nadzar bisa melancarkan harapan, dan menolak bahaya, adalah keyakinan jahiliyah, dan Nabi Shallallahu alaihi wa sallam telah mengingkarinya.

Terdapat banyak dalil bahwa nadzar tidak bisa mengubah takdir. Diantaranya,

Hadis dari Ibnu Umar radhiyallahu anhuma, beliau mengatakan, "Nabi shallallahu alaihi wa sallam melarang untuk bernazar, beliau bersabda: Nazar sama sekali tidak bisa menolak sesuatu. Nazar hanyalah dikeluarkan dari orang yang pelit." (HR. Bukhari 6693 dan Muslim 1639)

Dari Abu Hurairah radhiyallahu anhu, beliau berkata bahwa Nabi shallallahu alaihi wa sallam bersabda, "Janganlah bernazar. Karena nazar tidaklah bisa menolak takdir sedikit pun. Nazar hanyalah dikeluarkan dari orang yang pelit." (HR. Muslim no. 1640)

Juga dari Abu Hurairah radhiyallahu anhu, beliau berkata bahwa Nabi shallallahu alaihi wa sallam bersabda, Sungguh nazar tidaklah membuat dekat pada seseorang apa yang tidak Allah takdirkan. Hasil nazar itulah yang Allah takdirkan. Nazar hanyalah dikeluarkan oleh orang yang pelit" (HR. Bukhari 6694 dan Muslim 1640)

Dan redaksi hadis yang semakna dengan ini sangat banyak, semuanya menegaskan bahwa nadzar sama sekali tidak mengubah takdir.

[baca lanjutan]

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA