Mau Jadi yang Biasa atau yang Luar Biasa?

KA
Oleh KH Ahmad Imam Mawardi
Jumat 29 Mei 2020
share
(Foto: Ilustrasi)

KALAU Anda sedang bahagia berbunga-bunga hati, lalu Anda tersenyum, maka ini adalah sesuatu yang biasa. Namun kalau Anda sedang menderita berduri serta berluka hati, namun Anda masih juga bisa tersenyum, maka ini adalah sesuatu yang sangat luar biasa. Senyummu saat sedih adalah karena Anda percaya bahwa takdir ini penuh hikmah dan karenanya Anda tak kehilangan semangat hidup.

Kalau Anda mujur dan beruntung dalam berniaga, lalu Anda tersenyum, maka ini adalah sesuatu yang biasa. Namun kalau Anda sedang jatuh rugi dalam berbisnis dan berniaga lalu Anda masih bisa tersenyum, maka itu sungguh luar biasa. Senyummu saat rugi berniaga adalah pertanda Anda sadar bahwa kisah hidup di dunia tak selalu lurus mengikuti keinginan diri, melainkan mengikuti kehendak Allah.

Kalau Anda mendapatkan apresiasi atau pujian dari banyak orang, lalu Anda tersenyum, maka ini adalah sesuatu yang biasa. Namun kalau Anda suatu saat dihina dan dicaci banyak orang, tapi Anda masih bisa tersenyum, maka ini adalah sesuatu yang luar biasa. Senyummu saat dihina adalah karena Anda paham hakikat hidup bahwa tak semua orang sepakat akan sebuah nilai, Penilai kita yang sesungguhnya hanyalah Allah. Tak perlu resah dan gelisah dengan penilaian manusia.

Kalau Anda mendapatkan sesuatu berupa anugerah rizki, lalu Anda tersenyum, maka itu adalah sesuatu yang biasa. Namun kalau Anda mengeluarkan sesuatu, memberikan sesuatu, dari rizki yang Anda terima dan Anda tersenyum bahagia, maka ini baru luar biasa. Ini berarti Anda telah paham hakikat mendapatkan dan memberikan serta paham dan yakin akan kaidah kehidupan yang Allah dan Rasulullah sampaikan.

Kini, pilihan adalah ada di tangan kita. Apakah kita mau berpangkat biasa-biasa saja ataukah kita ingin menjadi luar biasa. Menjadi luar biasa berarti harus menjadi manusia positif yang menebarkan nilai-nilai positif bagi semua yang ada di sekitar kita. Salam hormat, AIM. [*]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA