Perburuan yang Melenakan dan Menipisnya Kesadaran

KA
Oleh KH Ahmad Imam Mawardi
Sabtu 06 Juni 2020
share
 

MENGAPA Rasulullah Muhammad Saw menyatakan bahwa cinta dunia merupakan sumber dari segala kesalahan? Jawabnya adalah karena kalau manusia sudah terjangkit penyakit cinta dunia kronis, maka dia kan mengenyampingkan urusan-urusan akhiratnya.

Saat urusan akhirat, urusan agama, ditinggalkan maka hilanglah kesadaran dirinya akan adanya hari pertanggungjawaban dan pembalasan kelak. Semena-menalah dia dalam hidup tanla mengenal halal haram, baik dan buruk.

Urusan harta, uang, adalah urusan yang paling banyak menyita perhatian manusia. Saya tak menyatakan bahwa urusan uang ini tak penting. Tapi fokus hanya pada pengumpulan uang sungguh akan melenakan sampai tak ingat waktu untuk istirahat dan beribadah.

Saat mulai sakit atau sadar bahwa dirinya telah menua dan akan segera pergi menuju alam kubur, barulah ada penyesalan dan pertanyaan: "Untuk apa ini semua saya kumpulkan kalau akhirnya tak bisa ikut menemani saya ke alam kubur dan alam akhirat."

Kita pasti akan sampai pada titik akhir kehidupan. Tak tahu entah kapan. Upayakankita tak menyesal di babak akhir karena tak mungkin bisa kembali ke babak awal. Berbuatlah yang terbaik dengan apa yang kita miliki kini. Salam, AIM, Pengasuh Pondok Pesantren Kota Alif Laam Miim Surabaya. [*]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA