Ingin Dicintai Allah

KA
Oleh KH Ahmad Imam Mawardi
Kamis 16 Juli 2020
share
(Foto: Ilustrasi)

CINTA yang paling agung adalah cintanya Allah. Manusia yang paling bahagia adalah manusia yang mencintai Allah dan Allah mencintainya. Alangkah bahagianya jika kita adalah manusia yang mendapatkan cinta Allah; hidup kita akan senantiasa diliputi hikmah dan kebahagiaan dalam maknanya yang hakiki. Ada banyak dawuh ulama tentang tips meraih cinta ilahi. Tulisan ini akan berbagi salah satunya.

Adalah guru legendaris bernama Syekh Hasan Bashri yang berkata bahwa ada empat hal yang kalau dilakukan oleh seseorang maka Allah akan memberikan cintaNya dan menganugerahkan rahmatNya kepadanya. Mari kita cermati bersama, renungkan dan bermuhadabah bersama sambil bertanya apakah kita termasuk di dalamnya.

"Yang pertama adalah bersikap baik dan lembut memperlakukan orang tua." Jangan pernah bersikap keras kepada leduanya. Beliau berdua, bagaimanapun, adalah perantara kita untuk tiba di dunia ini. Mereka telah menanggung susah dan derita, sakit dan gelisah membesarkan dan mendidik kita. Bahagiakanlah mereka, ada cinta Allah untuk kita jika kita mampu membahagiakan orang tua kita. Ayat dan hadits serta contoh teladan telah banyak dipaparkan berkenaan dengan hal ini.

"Kedua adalah bersikap baik dan lembut dalam memperlakukan orang-orang yang berada "dalam kekuasaannya." Anak buah kita dan para pembantu kita adalah manusia yang memiliki hati dan perasaan. Lebih dari itu, sadarilah bahwa mereka adalah hamba Allah yang diciptakan oleh Allah dan dimuliakan olehNya. Bukankah ayat al-Qur'an menyatakan seperti itu? Rasulullah tak pernah membentak dan menyakiti orang-orang yang membantu beliau. Menyakiti hati manusia adalah menorehkan luka yang akan menjadi sejarah tak terlupa sepanjang hidup. Berhati-hatilah dan waspadalah.

"Ketiga adalah menanggung atau memelihara anak yatim." Siapa yang mampu menghapus sedih dan perasaan nestapa ank yatim dengan memelihara dan mengantarkannya pada kehidupan normal kemanusiaan, sungguh akan disukai Allah. Allah akan tersenyum penuh cinta. Allah akan mengangkatnya menjadi manusia berderajat mulia bahagia di dunia dan di akhirat. Bukankah Rasulullah bersabda bahwa beliau akan dekat dengan pemelihara anak yatim di akhirat kelak?

"Keempat adalah membantu orang yang lemah." Jangan biasa memandang orang lemah sebagai orang hina. Jangan biasa memandang orang lemah sebagai obyek yang bisa dikalikan dengan sejumlah rupiah dalam hitungan proyek. Jangan-jangan merekalah pemilik doa yang mustajab, pemilik hati yang lekat dan dekat dengan Allah.

Kalau disimpulkan adalah bahwa yang memiliki peluang meraih cinta Allah aalah mereka yang memiliki semangat dan kerja kemanusiaan yg baik. Kita bisa termasuk di dalamnya, bukan? Semoga. Salam Jum'at barokah. AIM, Pengasuh Pondok Pesantren Kota Alif Laam Miim Surabaya. [*]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA