Keistimewaan dan Fadhilah Bulan Maulid Nabi

IN
Oleh inilahcom
Selasa 27 Oktober 2020
share
 

BAGI umat muslim, bulan Rabiul Awal adalah bulan yang dimuliakan dan bulan yang ditunggu-tunggu. Sebab di bulan inilah Nabi Muhammad SAW dilahirkan. Bertepatan pada hari senin, 12 Rabiul Awal di tahun gajah.

Terdapat sejumlah keutamaan yang ada di bulan Rabiul Awal yaitu sejumlah peristiwa penting seperti hijrahnya Nabi Muhammad SAW dari kota Mekah ke kota Madinah dan masih banyak yang lainnya. Ketika sudah memasuki bulan Rabiul Awal, maka alangkah baiknya kita sebagai umat muslim untuk mengerajakan amalan di bulan Rabiul Awal. Beginilah 4 amalan di bulan Rabiul Awal yang harus kita ketahui.

Dibawah ini merupakan bentuk dari sebuah amalan-amalan yang harus kita ketahui dan kita laksanakan di bulan Rabiul Awal, karena banyak sekali pahala yang akan didapatkan. Berikut amalannya :

1. Membaca sholawat Nabi

Sebagaimana ketika kita membaca tasyahud akhir ketika sholat. Inilah sholawat ini lah yang paling diagungkan oleh para sahabat Nabi dan generasi penerusnya. Di antara bentuk bacaan sholawat Nabi yang utama dan diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW ialah :

Allahumma shalli ala Muhammad wa ala ali Muhammad, kamma shallaita ala Ibrahim wa ala aali Ibrahim, innaKa Hamidum Majid. Allahumma barik (dalam satu riwayat, wa barik, tanpa Allahumma) ala Muhammad wa ala ali Muhammad, kama barakta ala Ibrahim wa ala ali Ibrahim, innaka Hamidum Majid)

Artinya : "Ya Allah. Berilah (yakni, tambahkanlah) sholawat (sanjungan) kepada Muhammad dan kepada keluarga Muhammad, sebagaimana Engkau telah memberi sholawat kepada Ibrahim dan kepada keluarga Ibrahim, sesungguhnya Engkau Maha Terpuji (lagi) Maha Mulia. Ya Allah. Berilah berkah (tambahan kebaikan) kepada Muhammad dan kepada keluarga Muhammad, sebagaimana Engkau telah memberi berkah kepada Ibrahim dan kepada keluarga Ibrahim, sesungguhnya Engkau Maha terpuji (lagi) Maha Mulia." (HR. Bukhari dan Muslim)


2. Memperbanyak sedekah

Memperbanyak sedekah tidak akan membuat kita menjadi miskin. Bahkan sebaliknya dengan banyak bersedakh maka akan semakin banyak pula rezeki yang kita punya. Keberkahan adalah berkumpulnya orang yang selalu melakukan dan mendapatkan kebaikan.

3. Melaksanakan puasa sunnah

Melakukan puasa sunnah seperti senin dan kamis, serta puasa tengah bulan Yaumul Bids pada tanggal 13-14-15 Hijriyah. Karena dengan berpuasa sunnah pada tanggal tersebut pahala kita akan dilipat gandakan oleh Allah SWT.


4. Memperbanyak amalan kebaikan

Bagi kita semua alangkah baiknya untuk melakukan dan mengerjakan amal yang baik-baik. Jangan sampai kita melakukan amalan yang tidak diridhoi oleh Allah SWT dan bersifat maksiat. Orang-orang zaman dahulu pernah mengatakan, bahwa di bulan lahirnya Nabi Muhammad SAW ini pantang untuk melakukan segala bentuk maksiat.

Demikianlah 4 Amalan di Bulan Rabiul Awal, semoga kita semua bisa menjaga amalan yang baik-baik di bulan kelahiran Nabi Muhammad SAW dan menjaga semua tingkah laku kita semua, dan semakin mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Sumber: Umma.id

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA