Rasulullah Melarang Jual Beli Air?

IN
Oleh inilahcom
Selasa 30 Maret 2021
share
(Foto: Ilustrasi)

"Dari Iyas bin Abdin ra, bahwa Nabi SAW melarang jual beli kelebihan air." (HR. Khamsah, kecuali Ibnu Majah. Dan hadits ini di shahihkan oleh Imam Turmudzi)


HR Khamsah artinya, hadits diriwayatkan oleh 5 Imam Hadits, mereka adalah: Imam Ahmad, Turmudzi, Nasai, Abu Daud, dan Ibnu Majah.

Hadis di atas diriwayatkan oleh Khamsah, kecuali Ibnu Majah, artinya hadis tersebut diriwayatkan oleh Imam Ahmad, Turmudzi, Abu Daud dan Nasai.

Namun bersamaan dengan riwayat tersebut, Imam Muslim dan Ibnu Majah meriwayatkan hadis serupa (syahid) dengan sanad berbeda, yaitu dari Jabir bin Abdillah, bukan dari jalur Iyas bin Abdin Al-Muzani.

Hadis Lainnya

"Dan dari Jabir ra, dari Nabi SAW (sebagaimana hadis sebelumnya)." (HR. Ahmad dan Ibnu Majah)

Adapun tentang hadis Iyas, Imam Qusyairi mengatakan bahwa hadis tersebut sesuai dengan syarat Bukhari dan Muslim. Sedangkan hadis Jabir ra merupakan hadis sahih Muslim, sementara lafazhnya adalah lafazh hadis Iyas. Demikian juga diriwayatkan oleh Imam Nasai.

Takhrij Hadis

Dari Jalur Iyas bin Abdin:

Hadis ini diriwayatkan oleh Imam Ahmad bin Hambal dalam Musnadnya, hadits no 14897.

Diriwayatkan juga oleh Imam Abu Daud dalam Sunannya, Kitab Al-Buyu, Bab Fi Bai Fadhli Maa, hadits no 3017.

Diriwayatkan juga oleh Imam Turmudzi dalam Jaminya, Kitab Al-Buyu an Rasulillah, Bab Ma Jaaa fi Bai Fadhli Maa, hadis no 1192

Diriwayatkan juga oleh Imam Nasai, Kitab Al-Buyu, Bab Bai Fadhlil Maa, hadis no 4583 dan 4584.

Dari Jalur Jabir bin Abdillah ra:

Hadis diriwayatkan oleh Imam Muslim, dalam Shahihnya, Kitab Al-Musaqah, Bab Tahrim Bai Fadhli Maa Alladzi Yakunu bil Falati, hadis no 2925.

Diriwayatkan juga oleh Ibnu Majah dalam Sunannya, namun bukan dari Iyas bin Abdin, melainkan dari Jabir ra, dalam Kitab Al-Ahkam, Bab An-Nahyi an Bai Maa, hadis no 2468.

Demikian juga Imam Ahmad meriwayatkan hadis ini dari jalur Jabir bukan Iyas, dalam Musnadnya, hadis no 14117.

Syarah Hadis

1. Hukum Jual Beli Air

Imam Syaukani mengemukakan,

Bahwa hadis di atas menggambarkan tentang "haramnya" menjual kelebihan air, yaitu kelebihan air dari kebutuhan si pemiliknya. Kelebihan air yang tidak boleh diperjualbelikan itu mencakup air yang berada di wilayah (tanah) umum, maupun di tanah yang dimiliki atau dikuasai baik oleh perorangan maupun kolektif.

Penjelasan:

Ulama sepakat, tentang haramnya hukum memperjualbelikan air yang terdapat dalam sumbernya, seperti yang berada di sungai, telaga, danau bahkan yang terdapat di dalam sumur. Kendatipun berada di bawah penguasaan pemiliknya.

Disebut sebagai kelebihan air, maksudnya adalah bahwa pemiliknya lebih berhak terhadap air yang terdapat dalam sumber air tersebut, namun ketika ia telah memenuhi kebutuhannya dan dapat dimanfaatkan oleh orang lain yang membutuhkannya, maka ia tidak boleh menjualnya kepada mereka.

Air tersebut boleh dimanfaatkan oleh orang banyak tanpa kompensasi seperti dalam jual beli (iwadh). Dan jika pemiliknya menjual air tersebut kepada orang yang mengambilnya, maka hukumnya haram dan pelakunya berdosa.

2. Hukum Membeli Lahan Yang Terdapat Sumber Air

Membeli lahan, atau tanah yang di dalamnya terdapat sumber air, adalah boleh. Dan pemiliknya boleh memanfaatkan air tersebut untuk keperluannya dan anggota keluarganya.

Hal ini sebagaimana terdapat riwayat tentang kisahnya Abu Thalhah yang memiliki tanah di dekat Masjid Nabawi yang memiliki sumber mata air, di mana Nabi SAW sering minum dari mata air tersebut:

Dari Anas bin Malik ra berkata; Abu Thalhah adalah orang yang paling banyak hartanya dari kalangan Anshar di kota Madinah berupa kebun pohon kurma dan harta benda yang paling dicintainya adalah Bairuha (sumur yang ada di kebun itu) yang menghadap ke masjid dan Rasulullah SAW sering memasuki kebun itu dan meminum airnya yang baik tersebut. Berkata, Anas; Ketika turun firman Allah Taala (QS Alu Imran: 92 yang artinya): "Kamu sekali-kali tidak akan sampai kepada kebajikan (yang sempurna), sebelum kamu menafkahkan sebahagian harta yang kamu cintai", Abu Thalhah mendatangi Rasulullah SAW lalu berkata; "Wahai Rasulullah, sesungguhnya Allah Taala telah berfirman: "Kamu sekali-kali tidak akan sampai kepada kebajikan (yang sempurna), sebelum kamu menafkahkan sebahagian harta yang kamu cintai", dan sesungguhnya harta yang paling aku cintai adalah Bairuha itu dan aku menshadaqahkannya di jalan Allah dengan berharap kebaikan dan simpanan pahala di sisiNya, maka ambillah wahai Rasulullah sebagaimana petunjuk Allah kepadamu". "Maka Rasulullah SAW bersabda: Wah, inilah harta yang menguntungkan, inilah harta yang menguntungkan. Sungguh aku sudah mendengar apa yang kamu niatkan dan aku berpendapat sebaiknya kamu shadaqahkan buat kerabatmu". Maka Abu Thalhah berkata,: "Aku akan laksanakan wahai Rasulullah. Maka Abu Thalhah membagi untuk kerabatnya dan anak-anak pamannya". (HR. Bukhari)

Namun larangan dalam hadis di atas lebih dimaksudkan pada memonopoli sumber air, untuk kemudian mengenakan "tarif" bagi orang-orang yang akan mengambil air di sumber air tersebut.

Hal tersebut pernah dilakukan oleh orang Yahudi, yang memiliki sumur di masa Usman bin Affan. Pada saat paceklik dan manusia tidak memiliki air, Yahudi tersebut tidak mengizinkan orang-orang mengambil air dari sumur tersebut, kecuali apabila mereka membayarnya.

Kemudian Usman bin Affan membelinya dan menyedekahkannya kepada seluruh kaum muslimin.

3. Larangan menjual kelebihan air apakah khusus air minum atau air untuk kebutuhan lainnya?

Imam Qurtubi berpendapat bahwa larangan tersebut secara zhahirnya dikhususkan bagi air yang dijadikan sumber air minum. Karena air minum merupakan kebutuhan pokok bagi manusia, yang manusia tidak dapat hidup tanpanya.

Namun sebagian ulama lainnya berpendapat bahwa yang dimaksud adalah air secara umum, tidak hanya khusus untuk air minum, yang berada di tempat sumber air dan menjadi kebutuhan manusia.

Pendapat kedua ini dikuatkan dengan hadits lainnya

Dari Abu Hurairah ra bahwa Rasulullah SAW bersabda: "Jangan kelebihan air ditahan, dengan maksud untuk menahan tumbuhnya tanaman." (HR. Bukhari)

Bahkan dalam hadits lainnya disebutkan

Dari Abu Hurairah radhiallahu anhu bahwa Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda: "Jangan kelebihan air ditahan, dengan maksud untuk menahan tumbuhnya tanaman." (HR. Bukhari)

Jadi secara zhahirnya hadis ini menggambarkan bahwa larangan menjual air termasuk untuk memenuhi kebutuhan ternak dan bahkan pengairan tumbuhan.

Larangan menjual kelebihan air ini dikuatkan oleh Hadits Nabi SAW lainnya, di antaranya:

Dari Abu Hurairah ra, bahwa Rasulullah SAW bersabda: "Ada tiga jenis orang yang Allah Taala tidak akan melihat mereka pada hari kiamat dan tidak mensucikan mereka dan bagi mereka disediakan siksa yang pedih, yaitu seorang yang memiliki kelebihan air di jalan lalu dia tidak memberikannya kepada musafir, seorang yang membaiat imam dan dia tidak membaiatnya kecuali karena kepentingan-kepentingan duniawi, kalau dia diberikan dunia dia ridha kepadanya dan bila tidak dia marah, dan seorang yang menjual dagangannya setelah Ashar lalu dia bersumpah; demi Allah Dzat yang tidak ada Ilah selain Dia sungguh aku telah memberikan (shadaqah) ini dan itu lalu sumpahnya itu dibenarkan oleh seseorang". Kemudian Beliau membaca ayat ini: artinya ("Sesungguhnya orang-orang yang menukar janji (nya dengan) Allah dan sumpah-sumpah mereka dengan harga yang sedikit") (HR. Bukhari)

4. Menjual air yang sudah di kemas, atau sudah diangkut?

Adapun air yang sudah ada "usaha" dari pemiliknya, seperti air yang sudah dikemas dalam botol, atau sudah diisikan ke dalam galon, atau diangkut dengan menggunakan gerobak lalu diantar ke rumah-rumah, maka hukumnya adalah boleh untuk diperjualbelikan.

Karena sudah ada "usaha" dari pemiliknya dalam memprosesnya dan atau mengantarkannya ke rumah-rumah penduduk. Adapun jika ia menjual air untuk kemudian orang-orang mengambil sendiri di dalam sumur, di sungai atau di danau, maka hukumnya tidak boleh.

Menjual air inipun ada syaratnya terkait dengan sumber mata airnya. Yaitu di sumber mata air tersebut, pemiliknya tidak boleh melarang orang-orang mengambil dari sumber tersebut apabila akan digunakan untuk keperluan sehari-hari.[dakwatuna]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA