Jumlah Penduduk di Jakarta Tidak Ideal

RS
Oleh Renny Sundayani
Sabtu 29 Januari 2011
share
foto: istimewa

INILAH.COM, Jakarta - Pengamat Perkotaan dan Kependudukan Universitas Trisakti, Yayat Supriatna mengatakan jumlah penduduk di Jakarta sudah melampaui batas ideal penduduk.

Hal tersebut disampaikan oleh Yayat Supriatna saat ditemui usai acara diskusi di Jakarta, Sabtu (29/1/2011). Menurut pengamat Perkotaan dan Kependudukan Universitas Trisaksi, jumlah ideal penduduk di Jakarta adalah 6,5 juta jiwa.

"Penduduk Jakarta dengan luas 650 km ideal penduduknya 6,5 juta orang sekarang 9,6 juta orang bandingkan dengan Singapura yang luas wilayahnya sama dengan Jakarta. Kita lihat orang masih nyaman melakukan perjalanan di saana, air bagus lingkungan bagus, " kata Yayat.

Menurutntya daya dukung kota harus disesuaikan dengan standar tingkat kepadatan penduduknya. Apabila hal tersebut tidak menjadi pegangan, maka banyak persoalan yang akan muncul. Seperti misalnya, bencana mudah terjadi, kenyamanan yang mulai dirasa kurang dan kualitas hidup seperti kesehatan yang sudah tidak terjamin lagi.

Yayat melanjutkan solusi untuk mengatasi hal tersebut, adalah dengan adanya kebijakan pembangunan yang berkelanjutan harus berbasis ekonomi, sosial dan lingkungan. "Ekonomi misalnya bagaimana kota itu produktif, sosial, perubahan pelayanan ke masyarakatnya, lingkungan, tingkat polusi bencana masih bisa dikendalikan atau masih di bawah ambang batas," jelasnya.

Lebih jauh Yayat menjelaskan dengan adanya acuan dan dasar pembangunan berkelanjutan tersebut, keberlanjutan kota itu sendiri dapat diprediksi dengan baik dan cermat. "10 atau 20 tahun ke depan masih bisa nggak kita tinggal di kota itu, jadi keberlanjutannya masih bisa diestimasi," tutupnya.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA