DPR Resmi Surati BPK Soal Audit Pembelian Newmont

TS
Oleh Tio Sukanto
Rabu 08 Juni 2011
share
IST

INILAH.COM, Jakarta Komisi XI DPR meminta kepada BPK (Badan Pemeriksa Keuangan) untuk mengaudit kemenkeu setelah membeli saham divestasi PT Newmont Nusa Tenggara (PT NNT) sebesar 7%.

"Hari ini kita mengirim surat kepada BPK untuk dilakukan audit. Jadi, biarlah masing-masing berjalan sesuai dengan caranya, pemerintah berjalan dengan caranya DPR berjalan dengan caranya," ungkap Wakil Ketua Komisi XI, Akhsanul Qasasi ketika ditemui di Gedung DPR Jakarta, Rabu (8/7).

Terkait hal itu DPR mengaku tidak khawatir jika nantinya Menteri Keuangan, Agus Martowardojo membawa kasus ini ke Mahkamah Konstitusi (MK) ataupun Mahkamah Agung (MA).

Komisi XI berpendapat bahwa pembelian saham Newmont itu tetap harus mendapatkan persetujuan dari DPR, dan itupun pembayarannya tidak boleh menggunakan dana Pusat Investasi Pemerintah (PIP) karena dana PIP sesuai dengan aturan undang-undang hanya boleh digunakan untuk membiayai infrastruktur.

Akan tetapi, pemerintah pusat kekeuh bahwa menggunakan dana PIP sah saja sesuai dengan peraturan menteri keuangan yang baru. Inilah yang menjadi polemik kenapa saham itu hingga sekarang posisinya masih menaggantung. [hid]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA