Tahun 2010 China Tertinggi Konsumsi Minyak Dunia

WM
Oleh Wahid Ma'ruf
Rabu 08 Juni 2011
share
 

INILAH.COM, London - Pada 2010 negara terbesar konsumen minyak dunia adalah China yang menyalip AS sebagai penggerak ekonomi dunia sejak 1973 setelah kenaikan harga baru-baru ini.

Permintan energi meningkat dengan tajam pada 2010 terutama konsumsi BBM menjadi tercepat sejak 1969. Demikian dikutip dari Tinjauan Energi Dunia dari British Petroleum (BP) yang dipublikasi hari ini.

Konsumsi minyak global tumbuh 3,1% atau 2,7 juta barel per hari. Konsumsi minyak China naik 11,2% atau 860.000 barel per hari.

"Ini mencerminkan faktor siklus dan saya rasa sangat jelas China memikirkan masalah (konsumsi) ini. China tidak semata memikirkan pertumbuhan ekonomi tetapi juga mempertahankan kohesi sosial dengan membuat pertumbuhan lebih berkelanjutan. Singkatnya mereka khawatir dengan keamanan pasokan energi dan perubahan iklim," kata Chief Executive BP, Bob Dudley.

Tahun ini pasar energi global cukup tangguh dalam menghadapi gangguan yang cukup signifikan mulai dari Libya dan Jepang. Konsumsi energi global meningkat kuat pada 2010 mengikuti resesi global. Dengan pertumbuhan konsumsi mencapai 5,6% yang merupakan tertinggi sejak 1973.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA