MK Belum Bersikap Soal Korban Mafia Pemilu

HS
Oleh Haris Supriyanto
Sabtu 02 Juli 2011
share
Mahkamah Konstitusi - IST

INILAH.COM, Jakarta- Mahkamah Konstitusi (MK) belum bersikap terkait pengaduan 16 calon legislatif gagal yang mengaku korban mafia Pemilu 2009.

Hakim MK Akil Mochtar mengatakan pihaknya masih mengkaji lebih dalam terkait pegaduan tersebut dalam Rapat Permusyawaratan Hakim (RPH) MK.

"Kami akan memilah-milah dulu. Kita pastikan apakah kegagalan meraka itu lantaran KPU mengabaikan amar putusan MK ataukah memang ada oknum tertentu yang sengaja memanipulasi amar tersebut sehingga mereka gagal terpilih dalam penghitungan suara pemilu legislatif tahap III, " jelasnya, Akil, Jumat (1/07/2011).

Ia menjelaskan, jika ternyata karena sengaja dimanipulasi, tentu bukan wewenang MK untuk menindaklanjuti. "Karena, itu masuk ranah pidana, yang lebih berwenang adalah pihak kepolisian," ujarnya.

Sebab, dalam pengaduannya, mereka mengakui keputusan yang diterapkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) tidak sesuai dengan amar putusan MK. Tetapi, jika ternyata mereka gagal terpilih lantaran KPU mengabaikan putusan MK, maka itu wewenang lembaga lain untuk mengusutnya. "Berarti lebih tepat disampaikan ke Panja Mafia Pemilu DPR," katanya. [tjs]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA