BPS Akan Mendata Program Perlindungan Sosial

WP
Oleh Wahyu Praditya Purnomo
Senin 04 Juli 2011
share
inilah.com

INILAH.COM, Jakarta - Mengenai makin meningkatnya jumlah warga miskin di Ibukota Jakarta, Badan Pusat Statistik (BPS) DKI Jakarta akan melakukan pendataan Program Perlindungan Sosial (PPS) kepada rumah tangga sasaran (RTS) dari kelompok ekonomi menengah ke bawah.

Program Perlindungan Sosial (PPS) ini bertujuan untuk mendata jumlah keluarga miskin, yang nantinya hasil data tersebut akan digunakan untuk keperluan program pengentasan kemiskinan di DKI Jakarta. "Pendataan ini akan dilakukan mulai 15 Juli hingga 15 Agustus 2011," kata Kepala BPS DKI Jakarta, Agus Suherman.

Menurutnya, dalam pendataan PPS akan ada sekitar 300 ribu rumah tangga yang akan di data. Jumlah tersebut telah termasuk didalamnya rumah tangga sasaran (RTS) yang berjumlah 165 ribu rumah tangga sasaran yang sudah ada. "Pendataan tersebut untuk mengetahui tingkat kesejahteraan rumah tangga," katanya.

Dijelaskan Agus, hasil dari pendataan itu nantinya berguna bagi pemerintah pusat untuk menyalurkan bantuan berupa jatah beras miskin (raskin), program jaminan kesehatan daerah (jamkesda), akses kesehatan melalui kartu gakin atau program pengentasan kemiskinan lainnya. "Dengan data ini, pelaksanaan pengentasan kemiskinan dapat dilakukan tepat sasaran," harapnya.

Sementara berdasarkan hasil survei BPS Pusat, tercatat 40 persen dari total jumlah penduduk di Indonesia, berada dalam kelompok ekonomi menengah ke bawah. dan 12 persen diantaranya, terdapat di Ibukota. Melalui data PPS yang berhasil dihimpun, Pemprov DKI Jakarta mampu menurunkan jumlah orang miskin di Ibukota. [lal]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA