BUMI Plc Resmi Listing di Stock Exchange London

CM
Oleh Charles MS
Sabtu 16 Juli 2011
share
inilah.com

INILAH.COM, Jakarta - Saham BUMI Plc resmi diperdagangkan di London Stock Exchange Jumat (15/7) kemarin.

Hal ini disampaikan Direktur & Corporate Secretary BUMI Dileep Srivastava dalam keterbukaan informasinya ke BEI, seperti dikutip INILAH.COM, Sabtu (16/7) dengan melampirkan surat pemberitahuan masuk ke perdagangan di London Stock Exchange (LSE) dari Regulator Pasar Modal London. Dijelaskan, saham BUMI Plc yang tercatat di LSE sebanyak 1.299.745 saham biasa.

Sebelumnya diberitakan Vallar Investments UK Limited resmi mengakuisisi saham anak usaha PT Bakrie Brothers (BNBR) Tbk, PT Bumi Resources (BUMI) Tbk. Perusahaan yang bermarkas di London tersebut kini menguasai 25 persen saham BUMI yang sebelumnya dimiliki oleh BNBR dan Long Haul Holding Ltd.

Direktur Utama BNBR, Bobby Gafur Umar, menyatakan saham BUMI dihargai Rp2.500 per lembar. "Sehingga nilai total transaksi ini mencapai hampir Rp13 triliun," ujarnya. Dari 5,2 miliarlembar saham yang diserahkan, sebanyak 2,85 miliar saham sebelumnya dimiliki oleh BNBR dan sisanya sebanyak 2,345 miliar lembar merupakan porsi Long Haul Holdings.

Sebaliknya, Vallar menyerahkan sebanyak 90,1 juta unit saham baru seharga 10 poundsterling per saham kepada Grup Bakrie. Dari jumlah saham yang diterima dari Vallar, BNBR mendapatkan sebanyak 49,4 juta lembar saham. Transaksi ini merupakan win-win bagi Vallar, Grup Bakrie, serta pemegang saham lainnya.

Dengan rampungnya transaksi ini, Vallar PLC akan berganti nama menjadi Bumi PLC, sementara Grup Bakrie akan menjadi pemegang saham terbesar di Bumi PLC dengan hak untuk menunjuk jabatan-jabatan kunci di jajaran pimpinan dan manajemen Bumi PLC.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA