Hari ke Dua, Masih Banyak Warga Tak Tahu Kopaja AC

WP
Oleh Wahyu Praditya Purnomo
Selasa 09 Agustus 2011
share
inilah.com/Ardhy Fernando

INILAH.COM, Jakarta - Memasuki hari kedua diberlakukannya uji coba Kopaja AC S.13, Jurusan Ragunan - Grogol tampak belum banyak peminat. Hal tersebut masih dibuktikannya dengan kondisi angkutan dalam kota tersebut yang masih terlihat sepi pada Selasa (9/8/2011).

Berdasarkan pantauan di lapangan, di beberapa halte bus mulai dari kawasan Pondok Indah, Mayestik dan daerah Slipi mengguna angkutan Kopaja AC masih sedikit. Bahkan beberapa pengguna jasa angkutan umum pun masih belum mengetahui dioperasikannya Kopaja AC S.13 jurusan Ragunan - Grogol.

Tak sedikit dari pengguna angkutan yang merasa ragu dengan perubahan kondisi fisik Kopaja AC S.13. "Kita juga sempet lihat bus dengan fisik yang lebih baik. Tapi nggak tahu jalurnya terus mau kemana. Makanya takut naiknya, kalau-kalau malah salah jalur," kata Widya Kusumah (30) seorang karyawan swasta di kawasan Jalan Gatot Soebroto.

Ketidaktahuan masyarakat akan dioprasikannya Kopaja AC tersebut menandakan sosialisasi yang dilakukan belum maksimal. "Seharusnya perbaikan fasilitas dan manajemen juga diiringi dengan sosialisasi kepada masyarakat. Sayang kalau keberadaan angkutan massal yang semakin baik, belum dapat dimanfaatkan," kata pengamat Transportasi Yoga Adiwinarto.

Dijelaskan Yoga, dioprasikannya Kopaja AC merupakan kemajuan bagi moda transportasi yang ada di Jakarta. Dengan harapan, dioprasikannya angkutan kota dengan fasilitas yang lebih baik ini, pengguna keandaraan pribadi dapat beralih ke angkutan umum, sehingga dapat mengurangi angka kemacetan. "Untuk itu perlu adanya peran serta pemerintah dalam pengoperasiannya," kata Yoga. [mvi]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA