MRT Kantongi Nama Kontraktor Tender

WP
Oleh Wahyu Praditya Purnomo
Selasa 09 Agustus 2011
share
beritaberita.net

INILAH.COM, Jakarta - Usai melewati proses prakualifikasi tender konstruksi fisik selama satu bulan lebih dan proses evaluasi, PT Mass Rapid Transit (MRT) menegaskan telah mengantongi nama-nama perusahaan kontraktor yang lolos proses prakualifikasi tender. Meski demikian PT MRT masih merahasiakan sejumlah perusahaan yang lolos prakualifikasi.

"Kita janji akan mengumumkan daftar nama perusahaan yang lolos prakualifikasi pada pekan ketiga bulan Agustus 2011. Karena mereka akan diundang mengikuti proses lelang fisik yang akan dibuka pada awal September," kata Direktur Fungsi Korporasi PT MRT Jakarta, Eddi Santosa, Jakarta, Selasa (9/8/2011).

Lebih jauh dijelaskan Edi Santosa, saat ini daftar nama perusahaan yang lolos prakualifikasi tender tersebut masih di tangan panitia pelaksana. Setelah itu, akan diserahkan ke Direksi PT MRT Jakarta untuk dinilai oleh pemberi pinjaman, yakni Japan International Corporate Agency (JICA).

Menurutnya, pemutusan nama perusahaan yang akan lolos tender oleh pihak JICA tidak akan memakan waktu lama. Pasalnya proses prakualifikasi tidak termasuk dalam pelaksanaan pembangunan MRT di Jakarta. "Namun karena proses ini merupakan syarat wajib yang harus dilaksanakan dalam menjalankan proyek besar, maka JICA mengikuti prosedur tersebut," ungkapnya.

Sementara tender konstruksi fisik MRT Jakarta direncanakan akan dimulai pada awal September 2011. Pelaksanaan tender ini akan memakan waktu yang cukup lama, karena menggunakan konsep disain dan bangun (design and build). Konsep tersebut mengharuskan kontraktor menawarkan penyelesaian disain yang belum selesai, artinya membuat proses perencanaan disain dasar menjadi konsep disain yang utuh.

Nantinya, kontraktor diberikan waktu selama 4 bulan untuk menyiapkan proposal teknis terkait hal itu. Kemudian, PT MRT Jakarta akan mengevaluasi selama dua bulan untuk menentukan pemenang lelang tersebut. Ditargetkan pengumuman pemenang lelang dilakukan pada April 2012, dilanjutkan dengan persiapan kontrak kerja dan persyaratan administrasi pada Mei 2012. Lalu pada Juli 2012 sudah bisa dimulai penggalian tanah untuk terowongan. [mvi]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA