Capres Independen Sulit Jalankan Pemerintahan

AM
Oleh Ajat M Fajar
Rabu 10 Agustus 2011
share
inilah.com

INILAH.COM, Jakarta - Ketua DPP PDIP Budiman Sujatmiko menolak munculnya wacana Calon Presiden independen di 2014 mendatang.

Menurut Budiman Sujatmiko, Capres independen tidak mungkin didukung oleh pemerintahan yang mayoritas dari kalangan partai politik.

"Saya menolak berkampanye soal calon independen. Kalau hak setiap orang boleh-boleh saja," ujar Budiman saat Jakarta, Selasa (9/8/2011).

Lebih lanjut Budiman mengatakan Capres independen tidak akan bisa beradaptasi dengan sisitem pemerintahan yang mayoritas diisi oleh kalangan partai politik. Sehingga dalam pemerintahan kedepan capres independen dikhawatirkan bisa menjalankan pemerintan dengan baik.

"Seorang baik sekalipun disebuah sistem yang dikuasi dan bekerja secara jahat tidak akan jadi apa-apa. Kalau polanya didominasi sama sisitem dan orang yang buruk maka tidak akan jalan," jelasnya.

Namun demikian Budiman mengatakan bukan menolak hadirnya capres independen, tetapi seorang yang bisa menjalankan sistem pemerintahan yang baik, dan bukan hanya sekedar pencitraan terhadap seorang sosok individu saja.

"Di tahap Indonesia seperti sekarang kita bukan membutuhkan lagi sosok individu. Yang terpenting sistemnya harus dibuat baik partainya dibuat baik," jelasnya.[bay]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA