Hatta Yakin Indonesia Aman Tanpa JPSK

MR
Oleh Mosi Retnani Fajarwati
Kamis 11 Agustus 2011
share
Menko Perekonomian Hatta Rajasa - inilah.com/Wirasatria

INILAH.COM, Jakarta - Menko Perekonomian Hatta Rajasa yakin sektor keuangan Indonesia akan tetap aman tanpa Jaring Pengaman Sistem Keuangan (JPSK).

"Dan bukan berarti dengan tidak adanya JPSK itu kita tidak bisa melakukan suatu antisipasi atau action yang melindungi sektor keuangan kita," ungkap Hatta di kantornya, Kamis (11/8).

Menurutnya, dengan adanya tiga lapis management protokol untuk menghadapi krisis keuangan sudah cukup melindungi sektor keuangan.

"Kita sudah memiliki sampai tiga lapis, kita punya krisis management protocol pertukaran informasi yang akurat antara pemerintah dan BI (Bank Indonesia). Lalu BSF (Bond Stabilisation Fund) yang betul-betul BUMN kita bisa menggerakan itu. Kita juga punya dana-dana yang fleksibel yang bisa kita gunakan untuk kalau terjadi sesuatu, BI juga bisa melakukan sesuatu. Jadi jauh lebih siap kita itu," paparnya penuh keyakinan.

Kendati demikian, ia menilai, keberadaan JPSK dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) tetap penting untuk melindungi sektor keuangan lokal kala terjadi krisis. "Tapi dalam JPSK belum, bukan berarti kita tidak bisa memberikan suatu perlindungan kepada sektor keuangan kita," pungkasnya.

Sebelumnya, Gubernur BI Darmin Nasution mengatakan, Indonesia membutuhkan undang-undang JPSK. Menurutnya, krisis manajemen protokol tidak akan cukup ampuh untuk menanggulangi krisis. "JPSK itu wajib hukumnya, tidak bisa kalau tidak ada," ungkapnya di kantor Presiden, Kamis (11/8) siang tadi. [hid]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA