Tatkala Foke Terkenang Aubade di Istana

IA
Oleh Irvan Ali Fauzi
Rabu 17 Agustus 2011
share
Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo - inilah.com

INILAH.COM, Jakarta - Perayaan HUT Kemerdekaan ke-66 RI di Istana Merdeka, Jakarta, memberi kenangan mendalam bagi Gubernur DKI Jakarta, Fauzi Bowo.

"Setiap perayaan 17 Agustus, saya selalu diundang aubade di Istana setiap 17 Agustus. Pelajar yang ikut aubade diambil dari sekolah-sekolah di Jakarta. Itu membuat kesan tersendiri, tentunya rasa bangga. Saya merasa rasa turut memiliki terhadap perjuangan," kata pria Fauzi Bowo.

Dijelaskan orang nomor satu di jajaran pemerintah DKI ini, aubade merupakan pujian yang disampaikan dalam bentuk nyanyian atau permainan oleh sekelompok anak-anak sekolah saat peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia yang digelar di depan Istana Negara. "Itu cukup terkesan dan menjadi kebanggaan," kenang pria yang akrab disapa Foke ini.

Sebagai pemimpin Jakarta, dirinya mengaku bangga. Pasalnya, selain Ibukota negara, Jakarta juga merupakan kota tempat dilakukannya proklamasi Kemerdekaan RI.

"Dari sinilah, sebagai warga Jakarta, harus memiliki sikap untuk selalu berada di garis depan dalam pembangunan," ungkapnya. Banyaknya warga Jakarta yang masih bersikap cuek terhadap pembangunan menurut Foke, dikarenakan kurang bobot materi sejarah dalam pelajaran di sekolah.

"Kalau tidak, maka generasi penerus tidak akan mudah menyadari jika kemerdekaan RI merupakan hasi dari perjuangan bangsa sendiri, yang didapat melalui kucuran darah," imbuhnya. [mah]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA