JK: Standar UN Harus Setara Malaysia-Singapura

YS
Oleh Yatni Setianingsih
Sabtu 20 Agustus 2011
share
Mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) - inilah.com/Wirasatria

INILAH.COM, Bandung - Mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) mengimbau dunia pendidikan di Indonesia tidak memanjakan siswa yang merupakan cikal bakal sumber daya manusia (SDM) di masa depan.

Dengan begitu, kata JK, SDM dari Indonesia dapat bersaing dengan Malaysia dan Singapura sebagai negara terdekat.

"SDM jangan dimanja, dimulai dengan ujian nasional (UN) tingkat SMA yang sama di seluruh Indonesia, infrastuktur jelek tidak jadi alasan untuk memiliki nilai rendah. Jangan khawatir, kalau tidak lulus UN itu risiko," kata Kalla usai mengisi acara Presidential Lecture Series yang berjudul 'Indonesia 2045, Sudahkah Kita Berdiri Sendiri?' di Aula Barat Kampus ITB Jalan Ganeca Kota Bandung, Sabtu (20/8/2011).

JK mengatakan, indikator keberhasilan UN dari sebuah negara adalah tingkat kesulitan yang setiap tahun harus terus berkembang. "Paling tidak lima tahun mendatang standar UN kita harus sama dengan Malaysia dan Singapura," ujarnya.

Menurutnya jika standardisasi UN telah sama dengan Singapura dan Malaysia, kualitas SDM Indonesia akan sama dengan kedua negara tersebut. Sementara jika standardisasi UN lebih mudah, SDM Indonesia akan selalu kalah bersaing.

"Lembeknya penilaian dan ujian pendidikan di Indonesia, membuat kita sulit bersaing dengan negara lain," tuturnya. [gin]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA