Program Listrik 10.000 MW Terealisir 2.265 MW

TS
Oleh Tio Sukanto
Jumat 21 Oktober 2011
share
inilah.com

INILAH.COM, Jakarta - PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) mengungkapkan realisasi proyek 10.000 mega watt tahap I saat ini sudah mencapai 2.265 MW.

Demikian disampaikan Direktur Energi Primer PLN, Nur Pamuji saat ditemui di kantor pusat PLN, Jakarta Jum'at (21/10). Pencapaian ini kurang lebih seperempat dari total pembangunan di kuartal ketiga 2011.

"Darai proyek 10.000 MW tersebut hingga kuartal ketiga ini total yang sudah kita operasikan sebanyak 2.265 MW," kata Nur Pamuji.

Capaian tersebut menurut Nur Pamuji diperoleh seiring beropersinya tiga PLTU di tahun 2010 ini, ketiga PLTU tersebut yaitu PLTU Labuan, PLTU Indramayu 3X300 MW dan PLTU Paiton yang rencananya akan beroperasi penuh di akhir tahun 2011 ini.

"Hanya PLTU Paiton saja yang belum beroperasi penuh sebab saat ini masih dalam proses uji pembebanan. Tapi saya kira akhir tahun ini sudah beropersi dengan penuh," ujar dia.

Seperti diketahui saat ini PLTU Paiton sedang dalam proses pengujian pembebanan, akan tetapi sejak Senin kemarin sudah sinkron kepada jaringan. Dalam rencana pemerintah pembangunan proyek 10.000 MW ditargetkan bisa diselesaikan di 2014.

Namun begitu PLN tetap optimis bahwa pembangunan itu bisa diselesaikan sesuai dengan waktu yang ditentukan pemerintah. "Memang pembangunan PLTU ini gradual karena harus mengikuit juga kenaikan kebutuhan listrik pelanggan. Sebab, jika tidak mengikuti pola tersebut maka listrik yang dihasilkan akan percuma," ujar dia. [hid]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA