Pemilukada Dipercepat, Foke Cuek

WP
Oleh Wahyu Praditya Purnomo
Jumat 21 Oktober 2011
share
Fauzi Bowo - inilah.com/Dok

INILAH.COM, Jakarta - Keputusan Komisi Pemilihan Umun Daerah (KPUD) DKI Jakarta yang memajukan waktu pemilihan umum, ditanggapi santai calon incumben yang juga gubernur DKI Jakarta, Fauzi Bowo. Pria yang akrab disapa Foke ini pun mengaku tidak mempermasalahkan hal itu.

"Tak ada masalah, bila pemilihan kepala daerah (Pilkada) dipercepat menjadi tanggal 11 September 2012. Karena itu wewenang Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) DKI selaku pihak penyelenggara," kata Foke saat ditemui di kantor Balaikota DKI Jakarta, Jumat (21/10/2011).

Foke mengatakan jika pemajuan waktu pemilihan umum memang dianggap keputusan terbaik dari penyelenggara Pemilukada tidaklah masalah. "Saya mengikut saja. Saya kan bukan penyelenggara Pemilukada," kata Foke.

Seperti diketahui, masa bakti pasangan Fauzi Bowo-Prijanto akan berakhir pada 7 Oktober 2012. Jika Foke maju kembali dan mengikuti proses Pemilukada 2012, maka Foke akan cuti sesuai jadwal yang ditetapkan KPUD DKI Jakarta.

Sementara itu, KPUD DKI Jakarta akan mempercepat pelaksanaan pemungutan suara Pilkada Provinsi DKI Jakarta. Rencana awal, diperkirakan pemungutan suara akan digelar pada 8 Agustus 2012, namun ternyata bulan tersebut sudah masuk dalam bulan Ramadhan. Karena itu, KPUD DKI mempercepat waktu pelaksanaan pemungutan suara menjadi tanggal 11 Juli 2012.

Ketua KPUD DKI Jakarta, Juri Ardiantoro mengatakan pihaknya telah menetapkan jadwal pemungutan suara pada bulan Juli 2012. Rencana ini sudah ditetapkan, KPU Pusat belum mengeluarkan Surat Keputusan (SK) perihal tanggal pemungutan suara Pemilukada DKI 2012. "Tanggal tersebut sudah 90 persen disetujui oleh KPU. Sekarang kami sedang menunggu SK ditandatangani KPU Pusat," kata Juri.[bay]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA